Aktivitas yang Perlu Dihindari Setelah Operasi Caesar, Mulai dari Hubungan Seksual hingga Mengemudi

| 12 Nov 2023 20:00
Aktivitas yang Perlu Dihindari Setelah Operasi Caesar, Mulai dari Hubungan Seksual hingga Mengemudi
Aktivitas yang perlu dihindari setelah operasi caesar (unsplash)

ERA.id - Setelah menjalani operasi kelahiran, ada sejumlah aktivitas yang perlu dihindari setelah operasi caesar agar proses penyembuhan berjalan dengan baik dan risiko komplikasi dapat diminimalkan.

Artikel ini akan membahas secara detail aktivitas-aktivitas yang sebaiknya dihindari pasca operasi caesar, serta memberikan panduan penting bagi mereka yang menjalani prosedur ini untuk pemulihan yang optimal.

Apa Saja Aktivitas yang Perlu Dihindari Setelah Operasi Caesar?

Latihan ringan, seperti berjalan, akan membantu dalam pemulihan setelah persalinan operasi caesar. Namun, hindari melakukan aktivitas yang lebih aktif sampai Anda tidak merasakan nyeri dan merasa siap.

Sebagai contoh, hindari mengemudi, mengangkat beban berat, berhubungan seksual, atau melakukan pekerjaan rumah yang berat, seperti menyapu, sampai Anda merasa mampu melakukannya.

Anda dapat mulai mengemudi lagi setelah dokter Anda memberi tahu bahwa hal tersebut aman untuk dilakukan. Tenggat waktu yang mungkin sekitar 6 minggu setelah operasi caesar dilakukan.

Selain itu, Anda akan membutuhkan bantuan dalam mengangkat bayi Anda di kursi mobil dan mengangkat kereta dorong bayi

Kemudian tidur dan bangkit dari tempat tidur bisa menjadi hal yang sulit atau tidak nyaman saat Anda pulih dari operasi caesar. Agar lebih mudah untuk bangun dari tempat tidur, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut:

  • Berguling ke sisi Anda.
  • Biarkan kedua kaki Anda menggantung dari sisi tempat tidur.
  • Dorong diri Anda sendiri secara menyamping hingga posisi duduk.
  • Coba berdiri se lurus mungkin. Anda bisa melakukan langkah sebaliknya untuk kembali ke tempat tidur.

Hubungan seks setelah operasi caesar

Anda mungkin tidak merasa siap untuk berhubungan seks lagi sampai pulih sepenuhnya dari operasi caesar. Hal tersebut mungkin memerlukan waktu sekitar 6 minggu. Berapa lama menunggu akan tergantung pada perasaan fisik dan emosional Anda.

Dokter umumnya Anda akan membahas pilihan kontrasepsi saat pemeriksaan 6 minggu. Namun, Anda dapat berbicara dengan bidan, pengunjung kesehatan, atau dokter umum apa saja tentang kontrasepsi.

Hubungan seks setelah operasi caesar (unsplash)

Proses Pemulihan bekas luka operasi caesar

Luka Anda akan memerlukan sekitar 6 minggu untuk sembuh dan akan memiliki bekas luka, tetapi bekas ini akan memudar seiring berjalannya waktu.

Bekas luka yang Anda miliki sekitar 10-20 cm panjangnya dan biasanya terletak tepat di bawah garis bikini. Bekas ini akan merah pada awalnya, tetapi akan memudar seiring waktu.

Pada kulit yang lebih gelap, bekas luka mungkin memudar menjadi garis coklat atau putih. Anda mungkin kehilangan sensitivitas di area luka Anda, tetapi hal ini mungkin akan kembali seiring berjalannya waktu.

Selain itu, bidan Anda mungkin akan menyarankan Anda untuk memijat bekas luka setelah luka sepenuhnya sembuh. Hal ini dapat membantu memecah jaringan bekas luka dan menghentikan rasa gatal.

Meskipun tidak ada banyak bukti yang menunjukkan seberapa baik metode ini berfungsi, beberapa orang merasa itu membantu.

Tips memijat bekas luka:

  • Berbaringlah tengkurap
  • Gunakan krim atau losion non-parfum, dan lakukan 20-30 gerakan melingkar kecil dengan ujung jari Anda di atas bekas luka
  • Ulangi 2-3 kali sehari.

Selain aktivitas yang perlu dihindari setelah operasi caesar, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi