Minyak Akar Wangi untuk Apa Ya? Simak Manfaatnya di Sini

| 11 Nov 2023 15:56
Minyak Akar Wangi untuk Apa Ya? Simak Manfaatnya di Sini
Ilustrasi akar wangi (Pixabay)

ERA.id - Tanaman akar wangi adalah sejenis rumput yang berasal dari India, akan tetapi sudah banyak negara tropis yang membudidayakannya, termasuk Indonesia. Tanaman ini dikenal sejak lama oleh banyak orang sebagai sumber wangi-wangian. Beberapa orang akrab dengan istilah akar wangi lainnya seperti serai wangi, narwastu, dan vetiver. Kira-kira, apakah Anda tahu minyak akar wangi untuk apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Jenis tanaman akar wangi masih satu rumpun dengan serai atau padi. Karakteristik tanaman akar wangi dapat diketahui dari bentuk batang yang panjang dan daun tipis panjang yang kaku dan keras.

Hal unik lainnya, akar wangi populer dengan aromanya yang sangat khas. Inilah sebabnya akar wangi seringkali dijadikan sebagai parfum, pengharum ruangan, dan juga perawatan tubuh.

Selain beberapa hal di atas, akar wangi juga menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan. Untuk merasakan manfaat akar wangi, Anda bisa menggunakannya sebagai minyak. Berikut manfaat minyak akar wangi yang dirangkum dari beberapa sumber:

Ilustrasi minyak akar wangi (Pixabay)

Menghilangkan bekas Luka

Di dalam minyak akar wangi terkandung zat cicatrizant yang diyakini dapat mempercepat hilangnya bekas luka di kulit. Kegunaan minyak akar wangi lainnya juga dapat mendorong produksi jaringan baru pada daerah yang terinfeksi, sehingga sel kulit mati dapat cepat beregenerasi dan tampil merata.

Bekas luka pada kulit lainnya yang bisa diredakan dengan minyak akar wangi yaitu stretchmark, bekas cacar, dan luka bakar. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan minyak akar wangi sebagai langkah pengobatannya.

Meredakan radang

Meredakan radang adalah manfaat minyak akar wangi lainnya yang dapat Anda rasakan. Hal ini dikarenakan minyak akar wangi memberikan efek menenangkan dan mendinginkan sehingga baik untuk meredakan segala jenis radang.

Terlebih bagi Anda yang mempunyai keluhan terhadap sistem peredaran darah dan saraf. Minyak akar wangi juga bisa dijadikan sebagai obat untuk peradangan yang diakibatkan oleh sengatan sinar matahari dan dehidrasi.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan tonik dalam minyak akar wangi bagi tubuh mempunyai peran mirip dengan perombakan dan servis pada kendaraan. Mendapatkan tonik dari minyak akar wangi dapat meningkatkan setiap sistem tubuh, misalnya peredaran darah, sistem pencernaan, pernapasan, ekskresi, endokrin, kekebalan tubuh, dan sistem saraf.

Oleh sebab itu, minyak akar wangi berguna juga untuk menjaga sistem metabolisme tubuh, peremajaan tubuh, menambah kekuatan, dan meningkatkan imunitas tubuh.

Mencegah Infeksi Bakteri

Di seluruh negara tropis, mikroba dan bakteri bisa tumbuh sangat cepat karena iklim yang panas dan lembap. Tak heran, orang-orang yang tinggal di negara tropis seperti India kerapkali mengalami penyakit seperti luka dan risiko sepsis.

Namun, tak perlu khawatir, untuk menangani permasalahan tersebut, untuk mencegah berkembang biaknya bakteri Staphylococcus aereus, Anda dapat menggunakan minyak akar wangi.

Menurut laporan yang diterbitkan dalam Journal of Pharmaceutical Studies, secara efisien, minyak ini dapat menghentikan pertumbuhan bakterinya. Minyak akar wangi ini bisa dioleskan ke bagian kulit yang terpapar sebagai pengobatan eksternal.

Mencegah Gangguan Saraf

Minyak akar wangi mempunyai kandungan tonic nervine yang dapat menjaga kesehatan saraf. Selain itu, manfaat minyak akar wangi juga dapat menyembuhkan kerusakan saraf yang disebabkan syok, ketakutan, dan stres.

Minyak akar wangi juga dapat membantu mengurangi gangguan saraf, serangan epilepsi, dan gangguan saraf seperti penyakit Parkinson.

Demikianlah ulasan tentang manfaat minyak akar wangi, semoga penjelasan ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi