Cara Menghilangkan Cegukan pada Penderita Stroke yang Direkomendasikan

| 18 Nov 2023 21:00
Cara Menghilangkan Cegukan pada Penderita Stroke yang Direkomendasikan
Ilustrasi (Freepik)

ERA.id - Cegukan yang terjadi secara berkesinambungan sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman saat makan hingga berbicara. Sehingga tidak heran, banyak yang ingin tahu bagaimana cara menangani cegukan terus-menerus. Apalagi jika yang mengalami adalah seorang penderita stroke. Lantas bagaimana menghilangkan cegukan pada penderita stroke? Simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Cegukan

Cegukan merupakan kondisi yang terjadi karena diafragma (otot yang memisahkan dada dari perut dan berperan penting dalam sistem pernapasan) mengalami kontraksi yang tak disengaja.

Kondisi ini ditunjukkan dengan tanda khas yang terdengar seperti “hik”. Hal ini dikarenakan kontraksi yang dilanjutkan penutupan pita suara secara tiba-tiba.

Perlu diketahui bahwa cegukan episodik biasanya berlangsung selama kurang dari 48 jam, tetapi jika Anda terus mengalaminya lebih dari itu, maka hal ini bisa jadi pertanda kondisi serius, misalnya:

  • Gangguan sistem saraf pusat
  • Iritasi atau kerusakan saraf
  • Gangguan metabolisme dan obat-obatan

Selain itu, cegukan juga dapat terjadi setelah operasi atau saat sedang dalam proses pemulihan setelah menjalani prosedur tertentu.

Cara Menghilangkan Cegukan

Pada dasarnya, cegukan episodik dapat dipicu oleh beberapa hal, misalnya makan terlalu cepat, mengonsumsi minuman bersoda, atau saat perut kembung.

Nah, agar hal tersebut tidak berlangsung lebih lama dan tenggorokan Anda kembali lega, di bawah ini adalah beberapa cara mengatasi cegukan terus-menerus yang dapat dilakukan.

Menggigit Jeruk Nipis

Menggigit jeruk nipis ternyata juga menjadi salah satu cara untuk menghilangkan cegukan yang dapat Anda coba di rumah.

Hal tersebut disebabkan jeruk nipis memiliki kandungan vitamin c, di mana manfaat vitamin c yang bersifat asam dapat mendistraksi dan merelaksasi saraf vagus sehingga cegukan berhenti. 

Tahan Napas Secara Singkat

Kadar karbondioksida yang tinggi dalam darah pasalnya dapat membantu mengurangi cegukan. Itulah sebabnya Anda sering disarankan menarik napas selama beberapa detik saat mengalami cegukan.

Cara ini dianggap cukup efektif, Anda hanya perlu menahan napas dan mengeluarkannya kembali secara berulang hingga cegukan mulai hilang.

Cara yang satu ini adalah teknik yang paling populer dalam menghilangkan cegukan dan banyak yang menerapkannya.

Tarik Napas dengan Kantong Kertas

Cara mengatasi cegukan terus-menerus berikutnya yaitu dengan bernapas di dalam kantor kertas. Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kadar karbondioksida dalam tubuh. Ketika karbondioksida dalam tubuh Anda tinggi, diafragma akan berkontraksi lebih dalam untuk membawa oksigen sehingga cegukan dapat berkurang.

Sederhana saja, arahkan kantong kertas di sekitar mulut, kemudian tahan napas selama 10 detik, selanjutnya hembuskan napas di luar kantong kertas. Ulangi teknik ini beberapa kali hingga cegukan dirasa sudah mulai berhenti.

Minum Air dengan Sedotan

Saat sedang cegukan, saraf vagus atau saraf frenik mengalami gangguan, sehingga membutuhkan stimulasi agar fungsinya kembali normal. Nah, salah satu cara stimulasi tersebut yaitu dengan mengonsumsi air menggunakan sedotan sambil menutup kedua telinga. Selain itu, cara mengatasi cegukan terus-menerus pada orang dewasa juga dapat dilakukan dengan minum air sambil menutup hidung.

Ilustrasi minum dengan sedotan (Pixabay)

Minum Air Hangat

Cara mengatasi cegukan terus-menerus juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi air hangat. Air hangat diyakini dapat melancarkan peredaran darah dan oksigen untuk memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh.

Sediakan air hangat satu gelas, minum dan kemudian tahan napas beberapa detik, selanjutnya telan air hangat dan hembuskan kembali nafas Anda. Lakukan teknik ini beberapa kali hingga cegukan berkurang.

Demikianlah ulasan tentang bagaimana menghilangkan cegukan pada penderita stroke, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi