Alasan Stroke Sering Terjadi di Pagi Hari, Ternyata Ini Penyebabnya Kata Ahli Kesehatan

| 27 Oct 2023 07:15
Alasan Stroke Sering Terjadi di Pagi Hari, Ternyata Ini Penyebabnya Kata Ahli Kesehatan
Ilustrasi mengapa stroke terjadi di pagi hari (Freepik)

ERA.id - Hari Stroke Sedunia diperingati setiap tanggal 29 Oktober untuk mewaspadai tingginya angka stroke dan meningkatkan kesadaran pada pencegah serta pengobatan penyakit ini. Salah satu pertanyaan yang kerap muncul adalah apa alasan stroke sering terjadi pagi hari? 

Stroke merupakan masalah kesehatan serius dengan banyak kasus di dunia sehingga perlu diwaspadai. Stroke merupakan penyakit berbahaya yang terjadi ketika bagian otak tidak memiliki cukup aliran darah. Banyak yang beranggapan bahwa penyakit ini hanya mengintai orang lanjut usia. Namun faktanya stroke juga bisa dialami oleh orang berusia 20-30 tahun. 

Dalam kasus stroke, dikenal istilah ‘serangan fajar’ atau gejala yang sering menyerang di pagi hari. Lantas apa alasan stroke sering terjadi di pagi hari dan apa penyebabnya?

Penyebab Stroke

Penyakit stroke disebabkan karena adanya sumbatan plak pada pembuluh darah (aterosklerosis). Plak ini dapat pecah sewaktu-waktu, sehingga menyebabkan pembuluh darah tersumbat. Kondisi ini akan mengakibatkan aliran darah ke otak tiba-tiba berkurang. 

Penyebab lain terjadinya stroke yakni karena tekanan pembuluh darah yang terlalu tinggi, sehingga menyebabkan pecahnya pembuluh darah di otak dan mengalami pendarahan. Plak pembuluh darah lebih cepat terbentuk pada orang-orang dengan tekanan darah tinggi tidak terkontrol, diabetes, kolesterol tinggi, kegemukan dan merokok. 

ilustrasi mengapa stroke terjadi di pagi hari (Freepik)

Alasan Stroke Sering Terjadi di Pagi Hari

Sebenarnya gejala stroke bisa menyerang kapan saja, namun dalam banyak kasus penyakit ini meradang di pagi hari. Dalam penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari National Institutes of Health, ditemukan bahwa serangan stroke paling kerap terjadi pada rentang jam 8-9 pagi. Lalu gejala akan meningkat lagi pada rentang jam 3-4 sore. 

Para pakar kesehatan menemukan penyebab mengapa stroke sering terjadi di pagi hari. Salah satu faktornya karena adanya perubahan kimiawi dalam tubuh di waktu seseorang tidur. Misalnya penggumpalan sel darah yang cenderung terjadi di pagi hari. 

Serang stroke di pagi hari diduga terjadi karena perubahan irama tubuh manusia. Penelitian menyebutkan bahwa saat tidur, tekanan darah akan menurun. Kemudian menjelang bangun pagi, pembuluh darah akan mengecil sehingga membuat tekanan darah meningkat. 

Dalam sistem biologis tubuh, tekanan darah meningkat saat pagi hari. Kondisi ini dinilai sebagai salah satu perusak pembuluh darah yang ada di dalam otak. Contohnya saat Anda bangun dari tidur langsung berdiri maka bisa mengakibatkan lonjakan tekanan darah. Kondisi ini turut berkaitan dengan serangan stroke yang terjadi di pagi hari. 

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, sebagai berikut:

Stres

Stres juga menjadi salah satu pemicu naikknya tekanan darah dalam tubuh. Apalagi jika di waktu pagi Anda sudah stres maka tekanan darah semakin melonjak. Kondisi ini pada akhirnya berpotensi meningkatkan risiko stroke. 

Mengonsumsi Garam Terlalu Banyak

Konsumsi garam berlebihan juga dapat mengakibatkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Orang-orang yang mengonsumsi garam dalam jumlah tinggi cenderung mengalami tekanan darah yang lebih tinggi di pagi hari. 

Jarang Bergerak

Kurang aktivitas atau bergerak dapat menyebabkan terjadinya pengerasa arteri dan penumpukan plak di arteri. Saat arteri menyempit dan kaku maka jantung bekerja ekstra dalam mengalirkan darah, sehingga bisa mengakibatkan tekanan darah. 

Lanjut Usia

Hipertensi atau tekanan darah cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Usia yang semakin tua juga menjadi salah satu faktor penyebab tekanan darah meninggi. 

Demikianlah ulasan mengapa stroke sering terjadi di pagi hari. Mengingat stoke adalah masalah kesehatan yang serius maka Anda harus menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah penyakit. Selain itu, pastikan Anda melakukan cek kesehatan secara rutin. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi