Telapak Kaki Seperti Tertusuk Duri, Jangan Diabaikan karena Bisa Fatal

| 20 Dec 2023 07:00
Telapak Kaki Seperti Tertusuk Duri, Jangan Diabaikan karena Bisa Fatal
Telapak kaki seperti tertusuk duri (unsplash)

ERA.idSakit pada telapak kaki seakan menghantui setiap langkah kita, terutama ketika terasa seperti tertusuk duri. Lantas apa sebenarnya yang menjadi penyebab telapak kaki seperti tertusuk duri?

Mengetahui penyebab dari rasa sakit menjadi hal penting dalam penanganan yang tepat. Artikel ini akan membahas secara mendalam berbagai penyebab dan tindakan yang dapat diambil untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut.

Telapak Kaki Seperti Tertusuk Duri

  1. Mata Ikan

Verrucas yang biasa disebut sebagai kutil kaki atau mata ikan biasanya dapat muncul pada telapak kaki, berwarna putih, dan seringkali disertai titik hitam ditengahnya yang cenderung datar.

Mata ikan dapat menyakitkan jika berada di bagian kaki yang menopang berat badan. Sebagian besar verruca seringkali akan sembuh dengan sendirinya. Namun hal Ini bisa memakan waktu lama.

Jika Anda mengalami mata ikan, jangan khawatir karena ada krim, gel, dan plester verruca yang dapat dibeli di apotek. Namun sebelum membeli ada baiknya tanyakan saran kepada apoteker terlebih dahulu.

  1. Plantar fasciitis

Plantar fasciitis adalah hasil dari kerusakan pada pita jaringan yang kuat (fascia) yang berada di bawah telapak kaki. Hal ini ternyata dapat menyebabkan rasa sakit di tumit.

Biasanya plantar fasciitis dapat mempengaruhi orang berusia 40 hingga 60 tahun yang kelebihan berat badan atau biasa berdiri untuk waktu yang lama.

Nyeri akibat plantar fasciitis cenderung berkembang secara bertahap dan paling parah ketika Anda bangun tidur di pagi hari dan pada akhir hari. Namun ada beberapa hal yang dapat membantu mengurangi rasa sakit, termasuk:

  • istirahatkan tumit Anda
  • peregangan rutin
  • mengompres dengan es
  • mengkonsumsi obat pereda nyeri
  • memakai sepatu yang pas dan mendukung kaki Anda
  • Dalam sejumlah kecil kasus, perawatan lain seperti fisioterapi atau suntikan mungkin diperlukan. Meskipun jarang, namun operasi juga mungkin diperlukan.
  1. Asam Urat (Gout)

Asam urat merupakan jenis arthritis yang disebabkan oleh penumpukan asam urat (produk limbah) di persendian Anda. Penyakit ini dapat menjadi serangan tiba-tiba dari nyeri dan pembengkakan yang parah.

Tanda dan gejala asam urat meliputi:

  • Nyeri hebat di satu atau lebih sendi.
  • Sendi terasa panas dan sangat sensitif.
  • Pembengkakan di sekitar sendi yang terkena.
  • Kulit di atas sendi yang terkena berwarna merah dan bersinar.

Serangan asam urat biasanya berlangsung beberapa hari dan paling sering memengaruhi sendi ibu jari kaki.

Nyeri yang disebabkan oleh asam urat biasanya dapat diobati dengan kompres es dan mengkonsumsi obat pereda nyeri antiinflamasi nonsteroid. Namun mungkin Anda juga perlu perawatan tambahan untuk mencegah serangan berulang.

  1. Sprains and strains

Sprains and strains adalah cedera yang sangat umum terjadi yang mempengaruhi otot dan ligamen (pita kuat jaringan di sekitar sendi yang menghubungkan satu tulang ke tulang lain).

Sprains and strains adalah cidera yang umum bagi olahragawan (unsplash)

Cedera Sprains dan strains  sering terjadi jika Anda:

  • mengubah arah atau kecepatan secara tiba-tiba
  • jatuh dan mendarat dengan tidak nyaman
  • bertabrakan dengan objek atau orang, seperti saat bermain olahraga

Ketika nyeri seperti tertusuk duri di kaki bisa jadi ligamen Anda meregang, berputar, atau robek. Selain itu bisa juga adanya serat otot meregang atau robek.

Selain rasa sakit, Sprains dan strains dapat menyebabkan pembengkakan, memar, dan kebas. Hal tersebut mungkin membuat Anda tidak dapat menumpu berat badan pada kaki Anda.

Selain telapak kaki seperti tertusuk duri, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi