Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Asam Urat saat Lebaran

| 22 Apr 2023 06:00
Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Asam Urat saat Lebaran
Makanan yang perlu dihindari penderita asam urat (unsplash)

ERA.id - Asam urat adalah sebuah kondisi medis yang terjadi ketika kadar asam urat dalam tubuh terlalu tinggi dan akan terasa menyakitkan. Momen lebaran akan datang, dan penting diketahui terdapat beberapa makanan yang perlu dihindari penderita asam urat.

Asam urat sendiri disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di sendi yang menyebabkan rasa sakit dan inflamasi.

Jika Anda menderita gejala asam urat, penting untuk menghindari makanan yang dapat memperburuk kondisi Anda, terutama selama liburan seperti Lebaran, di mana makanan yang kaya protein dan purin cenderung menjadi lebih banyak tersedia.

Dilansir dari laman Ai Care berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat selama Lebaran:

Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Asam Urat

  1. Daging merah dan jeroan

    Daging merah mengandung banyak purin (unsplash)

Daging merah dan jeroan seperti hati, ginjal, dan limpa mengandung tinggi purin yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh Anda.

Hindari makanan seperti rendang, opor, sate, dan makanan berbahan dasar daging lainnya. Anda juga harus menghindari kaldu dan kuah daging, yang bisa menjadi sumber tinggi purin.

  1. Seafood

Sama seperti daging merah, seafood seperti udang, cumi, kerang, dan lobster mengandung tinggi purin yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Hindari makanan laut selama Lebaran dan pilihlah alternatif makanan yang lebih rendah purin seperti tahu, tempe, dan sayuran.

  1. Makanan Tinggi Lemak dan Karbohidrat

Makanan tinggi lemak dan karbohidrat seperti gorengan, makanan cepat saji, kue-kue, dan permen dapat menyebabkan peningkatan berat badan yang berlebihan dan memicu terjadinya serangan asam urat. Sebaiknya hindari makanan-makanan tersebut dan pilihlah makanan yang lebih seimbang seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan makanan yang mengandung protein rendah

  1. Minuman Manis

    Hindari minuman manis dan bersoda (unsplash)

Tidak hanya makanan, Anda juga perlu waspada akan minuman dengan pemanis yang mengandung fruktosa tinggi seperti jus buah dan soda. Meskipun beberapa makanan tersebut tidak mengandung purin, namun metabolisme fruktosa juga dapat meningkatkan produksi purin sehingga termasuk dalam minuman yang sebaiknya dihindari pengidap asam urat tinggi.

  1. Minuman berkafein

Minuman seperti kopi dan teh mengandung zat purin yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan dehidrasi, yang dapat membuat tubuh sulit mengeluarkan asam urat. Hindari minuman berkafein selama liburan Lebaran dan gantilah dengan air putih atau jus buah yang segar.

  1. Makanan yang diolah dengan ragi

Makanan yang diolah dengan ragi seperti roti, kue, dan donat, mengandung zat purin yang dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Hindari makanan yang diolah dengan ragi dan pilihlah alternatif makanan yang lebih rendah purin seperti beras, kentang, dan quinoa.

Selain menghindari makanan-makanan di atas, Anda juga harus memperhatikan jumlah kalori dan asupan karbohidrat Anda. Hindari makan berlebihan dan pilihlah makanan yang lebih seimbang.

Konsumsi buah-buahan segar dan sayuran hijau yang dapat membantu mengurangi inflamasi dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk rekomendasi makanan yang tepat.

Selain makanan yang perlu dihindari penderita asam urat, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi