Waktu Terbaik Makan Alpukat yang Direkomendasikan

| 27 Dec 2023 22:00
Waktu Terbaik Makan Alpukat yang Direkomendasikan
Ilustrasi (Gill Ndjouwou/Unsplash)

ERA.id - Salah satu buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh yaitu alpukat. Dalam satu buah alpukat dengan ukuran sedang, sekitar 100 gram, terkandung 20 vitamin dan mineral yang berbeda. Namun, bagi Anda yang hendak mengonsumsi buah ini, harus memahami waktu terbaik makan alpukat. Simak penjelasannya di bawah ini.

Waktu Terbaik Makan Alpukat

Menurut UCLA Health, buah alpukat memiliki kandungan magnesium, niasin, folat, riboflavin, asam pantotenat, potasium, asam lemak omega-3, beta-karoten, juga vitamin C dan E.  

Jika seseorang mengonsumsi alpukat secara rutin, maka dapat menurunkan tekanan darah (karena kadar kalium yang tinggi), mencegah katarak, menurunkan peradangan kardiovaskular, serta memberi perlindungan terhadap kerusakan akibat sinar UV.

Adapun waktu terbaik makan alpukat yaitu ketika sudah matang sempurna dan mengonsumsinya dengan makanan pagi Anda.

Melansir Ostrali, secara ideal alpukat sebaiknya langsung dimakan setelah buah itu matang, sebelum menjadi terlalu lunak.

Di bawah ini adalah waktu terbaik makan alpukat yang bisa Anda pilih.

Ilustrasi (Freepik/pvproductions)

Di pagi hari

Alpukat sebenarnya dapat dimakan kapan pun, tetapi waktu terbaiknya yaitu dimakan bersamaan dengan sarapan.

Sebuah studi menyimpulkan bahwa alpukat bisa menjadi sarapan yang sempurna bagi siapa pun. Anda bisa mengonsumsi alpukat di atas roti panggang atau dibuat menjadi smoothie.

Mereka menemukan bahwa mengganti karbohidrat, seperti roti atau sereal, dengan alpukat akan memberikan bermanfaat berjam-jam setelah makan.

Para peneliti juga menemukan bahwa orang dewasa yang memiliki berat badan berlebih dan makan alpukat saat sarapan menunjukkan peningkatan aliran darah dan tekanan darah yang lebih stabil.

Setelah sarapan, orang-orang yang mengonsumsi alpukat ekstra menemukan kadar gula darah dan lemak yang lebih baik.

Jam makan siang

Sebuah penelitian yang dilakukan The National Institutes of Health (NIH) menemukan bahwa orang yang mengonsumsi alpukat akan merasa lebih kenyang selama enam jam setelahnya.

"Alpukat mengurangi nafsu makan Anda setidaknya selama lima jam setelah memakannya," jelas ahli gizi Lori Meyer.

Studi tersebut menjelaskan, orang yang makan alpukat cenderung akan makan lebih sedikit untuk sisa hari itu dan mengonsumsi lebih sedikit kalori saat mereka makan alpukat sekitar waktu makan siang. Dengan demikian, hal tersebut dapat menurunkan berat badan.

Selain itu, alpukat juga mengandung banyak lemak, sumber serat, dan karbohidrat. Makan alpukat dapat membakar lebih banyak lemak dalam tubuh.

Pada malam hari

Baru-baru ini, The Express melaporkan, alpukat terkadang dapat membuat seseorang terjaga di malam hari.

Kondisi ini dikarenakan alpukat memiliki kandungan asam amino yang bisa merangsang otak.

Namun, beberapa ahli juga menjelaskan bahwa alpukat akan membantu seseorang untuk tidur. Contohnya, peningkatan asupan kalium setelah mengonsumsi alpukat dapat membantu Anda tidur lebih baik dan mengurangi bangun di malam hari.

Bolehkah makan alpukat setiap hari?

Mengonsumsi alpukat setiap hari diyakini baik untuk kesehatan. Namun, mengonsumsinya secara berlebihan juga tidak baik untuk tubuh.

Ahli gizi yang berbasis di New York, Carolyn Brown memberikan rekomendasi berapa banyak asupan alpukat yang harus kita konsumsi dalam sehari.

Brown menyebutkan bahwa per harinya, kita dianjurkan makan setengah hingga satu buah alpukat.

Dalam satu buah alpukat terkandung 44 persen dari asupan lemak harian yang direkomendasikan dan 21 persen dari asupan lemak jenuh yang direkomendasikan.

Demikianlah penjelasan tentang waktu terbaik makan alpukat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi