Rutin Makan Alpukat Efektif Menurunkan Berat Badan?

| 10 Sep 2024 09:15
Rutin Makan Alpukat Efektif Menurunkan Berat Badan?
Ilustrasi buah alpukat (Freepik)

ERA.id - Saat ingin program diet atau menurunkan berat badan, diperlukan untuk mengatur makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Salah satu makanan yang dikenal membantu program menurunkan berat badan adalah alpukat.

Lantas, benarkah rutin makan alpukat efektif menurunkan berat badan?

Dilansir dari Trifecta, alpukat adalah makanan bergizi dan utuh yang dapat mendukung tujuan penurunan berat badan yang sehat. Buah ini kaya akan serat, lemak sehat, serta vitamin dan mineral penting yang menjadikannya salah satu makanan terbaik yang bisa dimakan saat diet. 

Meski demikian, karena alpukat tinggi akan lemak, maka juga tinggi akan kalori. Satu buah alpukat berukuran besar mengandung 13 gram serat, yang hampir setengah dari jumlah serat harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa. 

Setiap buah alpukat utuh juga memiliki 3,5 gram karbohidrat bersih. Dengan itu, untuk tepat dikonsumsi saat diet untuk menurunkan berat badan, maka harus disesuaikan dengan makanan lain yang dikonsumsi setiap harinya dan kebutuhan kalori per hari individu. 

Pada sebuah penelitian, mereka yang mengonsumsi alpukat utuh untuk sarapan merasa kenyang lebih lama dan mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari, yang pastinya membantu diet. Efek penghilang rasa lapar ini kemungkinan besar disebabkan oleh kandungan nutrisi yang mengenyangkan dari alpukat. 

Menariknya juga alpukat adalah makanan lezat dan serbaguna yang cocok dipadukan dengan apa saja, sehingga mudah dipadukan dengan menu makan diet lainnya. Ada banyak cara untuk mengonsumsi alpukat.

Salah satunya dengan menambahkan alpukat sebagai topping pada hidangan. Kemudian menggunakan alpukat sebagai pengganti krim atau minyak dalam saus atau makanan yang dipanggang. 

Buah alpukat juga dapat dimasukkan dalam smoothie atau memasukkannya ke dalam salad dengan makanan lain, termasuk digabung dengan sayuran. Buah ini juga bisa dijadikan sebagai camilan sehat, yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama

Rekomendasi