Jenis Ikan yang Pantang Dikonsumsi Penderita Asam Urat, Simak Daftarnya

| 04 Jan 2024 21:01
Jenis Ikan yang Pantang Dikonsumsi Penderita Asam Urat, Simak Daftarnya
Ilustrasi ikan segar. (Foto: Dok. Antara)

ERA.id - Tahukah Anda, tidak semua ikan bisa dikonsumsi untuk penderita asam urat. Ada beberapa jenis ikan yang pantang dikonsumsi penderita asam urat. Penyakit asam urat terjadi karena adanya peradangan yang dapat menimbulkan rasa nyeri intens pada persendian. Kondisi ini dapat dialami seseorang saat asam urat mengalami penumpukan dan membentuk kristal di area persendian dan sekitarnya.

Makanan tinggi purin menjadi penyebab utama kemunculan asam urat. Purin adalah zat alami yang berfungsi untuk mengatur pertumbuhan sel dan juga penyediaan energi.

Pada dasarnya, tubuh memerlukan purin agar berfungsi dengan normal. Namun, kadar purin yang terlalu tinggi bisa membuat produksi asam urat meningkat.

Oleh karena itu, Anda harus menghindari beberapa ikan yang tidak direkomendasikan untuk dimakan oleh penderita asam urat.

Apa Saja Gejala Asam Urat?

Gejala asam urat hampir selalu muncul dengan mendadak dan kerap kali terjadi di malam hari. Mengutip laman Mayo Clinic, di bawah ini adalah gejala asam urat.

Nyeri sendi intens

Walaupun asam urat pada umumnya menyerang jempol kaki, tetapi nyeri yang disebabkan asam urat dapat terjadi di bagian sendi mana pun.

Persendian lain yang sering terkena antara lain pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, dan jari. Rasa sakit dapat bertahan pada 4-12 jam pertama.

Bengkak dan kemerahan

Pada umumnya persendian yang terkena akan menjadi bengkak, hangat saat diraba, dan berwarna kemerahan.

Rasa tidak nyaman yang awet

Setelah nyeri parah berkurang, sendi akan terasa tidak nyaman. Biasanya, rasa tidak nyaman ini akan dirasakan selama hitungan hari hingga minggu.

Sulit bergerak

Seiring perkembangan penyakit, asam urat dapat membuat penderitanya sulit menggerakkan persendian secara normal.

Jenis Ikan yang Pantang Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani terbaik. Selain penuh dengan kandungan protein, beberapa ikan juga mengandung lemak sehat yang dibutuhkan tubuh.

Namun, beberapa ikan mengandung purin yang tinggi. Ikan-ikan jenis ini yang direkomendasikan harus dihindari penderita asam urat.

Mengutip berbagai sumber, di bawah ini adalah ikan yang tidak boleh dimakan penderita asam urat.

Ikan trout

Ikan trout terkenal sebagai ikan yang mengandung kolesterol. Namun, selain kolesterol, ikan satu ini juga tinggi dengan kandungan purin.

Dalam setiap 100 gram ikan trout terkandung sekitar 297 miligram purin. Walaupun masih ada di bawah batas yang ditentukan (400 miligram), namun konsumsi ikan trout tetap harus dibatasi.

Ikan tuna

Ikan tuna mengandung banyak nutrisi, mulai dari vitamin C, zat besi, B6, D, magnesium, dan kalsium.

Sayangnya, ikan tuna juga dapat berbahaya bagi penderita asam urat. Ada sekitar 257 miligram purin per 100 gram ikan tuna.

Ikan makarel

Jenis ikan makarel tertentu juga diketahui tinggi dengan kandungan purin. Ikan itu adalah Pacific jack mackerel.

Dalam setiap 100 gram ikan makarel ini terkandung sekitar 246 miligram purin.

Ilustrasi ikan makarel. (Foto: Pixabay)

Ikan sarden

Sarden merupakan salah satu ikan yang paling mudah untuk diolah. Ikan ini juga tersedia dalam bentuk kalengan yang tinggal dipanaskan jika hendak dikonsumsi.

Namun, hal yang perlu dicatat, dalam setiap 100 gram ikan sarden mengandung 210 miligram purin. Orang yang memiliki asam urat harus mewaspadainya.

Demikianlah ulasan tentang jenis ikan yang pantang dikonsumsi penderita asam urat. Semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi