Rebusan Daun untuk Menurunkan Asam Urat, Simak Jenis-jenisnya

| 13 Jan 2024 14:36
Rebusan Daun untuk Menurunkan Asam Urat, Simak  Jenis-jenisnya
Daun kelor atau Moringa Oleifera. (Pixabay-Iskandar63)

ERA.id - Ketika seseorang yang memiliki riwayat asam urat kumat, tentu rasanya akan membuat badan semakin tidak nyaman. Terlebih jika persendian tangan, kaki terasa nyeri. Namun, tidak perlu khawatir, ada berbagai macam cara untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh. Pasalnya ada rebusan daun untuk menurunkan asam urat.

Rebusan Daun untuk Menurunkan Asam Urat

Lantas daun apa saja yang diyakini memberikan manfaat untuk menurunkan asam urat? Simak ulasan di bawah ini.

Sambiloto

Daun sambiloto (Andrographis paniculata) cukup populer di Indonesia dan sering dijadikan tanaman di sekitar rumah.

Seluruh bagian tanaman sambiloto sangat berguna untuk mengobati bermacam-macam macam penyakit, salah satunya yaitu  asam urat. Sebab, sambiloto memiliki kandungan senyawa penting di antaranya flavonoid, kalium, natrium, alkane, dan kalsium.

Senyawa-senyawa penting tersebut diketahui merupakan sumber utama untuk mencegah  penyakit asam urat. Cara pengolahannya yaitu dengan mengambil 10-15 daun yang direbus hingga mendidih dan dikonsumsi air rebusannya.

Daun alpukat

Daun alpukat (Pixabay)

Daun alpukat populer dengan senyawa aktif yang tinggi dan berguna untuk menurunkan asam urat tinggi. Anda bisa menerima manfaat tersebut dengan merebus tujuh lembar daun alpukat dengan tiga gelas air hingga mendidih dan menyisakan satu gelas air.

Anda dapat minum air rebusan daun alpukat setelah dingin, dua kali sehari masing-masing satu gelas.

Daun kelor

Daun kelor mempunyai kandungan flovonoid dan alkoloid yang berguna untuk mencegah pembentukan asam urat. Selain itu, daun kelor juga mengandung sifat antiinflamasi atau pereda nyeri. Caranya, Anda hanya perlu merebus satu sendok makan bubuk daun kelor kering dengan 150-200 ml air hangat.

Anda aduk rata dan biarkan hingga mendidih. Setelah itu, Anda minum air rebusan daun kelor satu atau dua kali sehari.

Daun sirsak

Daun sirsak terkenal sebagai daun yang mengandung sejuta manfaat, salah satunya sebagai obat alami untuk menurunkan asam urat. Pasalnya, daun satu ini memiliki salah satu kandungan senyawa yang berguna untuk mengeluarkan racun di dalam darah.

Cara mengonsumsinya juga praktis. Anda cukup rebus daun sirsak dan minum selagi hangat. Agar asam urat dapat segera menghilang, usahakan minum rebusan daun sirsak setiap hari.

Daun seledri

Belakangan ini, kepopuleran daun seledri sebagai tanaman obat kembali naik. Pada dasarnya, sejak dulu daun seledri memang cukup populer untuk dijadikan obat berbagai macam penyakit karena banyak kandungan penting di dalamnya.

Pasalnya, seledri mempunyai kandungan folate, potasium, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin K. Beberapa senyawa tersebut juga diyakini mampu menyembuhkan asam urat secara efektif.

Daun sirih cina

Daun Sirih China (Pixabay)

Daun satu ini juga terkenal sebagai salah satu jenis tanaman obat asam urat. Pasalnya, daun sirih cina memiliki kandungan yang kaya dengan oksalat, lemak, tanin, alkaloid, serta minyak atsiri yang sangat bermanfaat untuk mengobati bermacam-macam penyakit. Bagian yang paling sering diolah karena diyakini paling bermanfaat untuk penyembuhan yaitu bagian daun dan juga batangnya.

Sama seperti kebanyakan tanaman herbal, Anda dapat mengonsumsi daun sirih cina dengan cara mengonsumsi air rebusannya.

Demikianlah ulasan tentang rebusan daun untuk menurunkan asam urat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi