5 Sayuran dengan Kadar Purin Tinggi, Penderita Asam Urat Jangan Makan Berlebihan

| 17 Feb 2024 06:30
5 Sayuran dengan Kadar Purin Tinggi, Penderita Asam Urat Jangan Makan Berlebihan
Ilustrasi sayuran dengan kadar purin tinggi (Freepik)

ERA.id - Penderita asam urat tentu saja perlu lebih selektif lagi dalam memilih makanan yang dikonsumsi, tak terkecuali dengan sayuran. 

Meski beragam sayuran dikategorikan sebagai makanan sehat, namun beberapa jenis sayuran ada yang mengandung kadar purin tinggi. 

Penderita asam urat pun sebaiknya tidak mengonsumsi jenis sayuran itu dalam jumlah yang berlebihan. 

Sayuran dengan kadar purin tinggi

Asam urat adalah penyakit yang ditandai dengan adanya penumpukkan kadar asam urat dalam darah yang kemudian mengkristal di area persendian. 

Ketika kadar asam urat itu naik, dampaknya bisa menyebabkan nyeri, perasaan tidak nyaman hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Mengutip laman Livestrong, berikut sayuran dengan kadar purin tinggi yang perlu dihindari penderita asam urat. 

1. Kembang kol 

Penderita asam urat disarankan menghindari mengonsumsi kembang kol secara berlebihan. Secara alami, kembang kol memiliki kandungan vitamin C dan sumber folat yang baik. 

Batasan mengonsumsi kembang kol bagi penderita asam urat yang disarankan adalah 85 gram dan tidak boleh terlalu sering mengonsumsinya. 

2. Asparagus 

Asparagus sering kita temui di dalam makanan ala Western. Sayuran dengan tekstur renyah ini rupanya juga mengandung purin yang cukup tinggi. 

Penderita asam urat disarankan tidak mengonsumsinya lebih dari 85 gram dalam sehari. 

Meski begitu, mengonsumsi asparagus sebagai sumber vitamin B-6, E dan C juga dapat dijadikan sebagai pola makan yang sehat, asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.  

3. Jamur

Jenis sayuran yang rendah kalori ini menawarkan nutrisi seperti riboflavin, niasin dan zinc. 

Tetapi, jamur juga mengandung kadar purin yang tinggi. Pasien asam urat sebaiknya tidak makan jamur lebih dari 85 gram dan maksimal lima kali dalam seminggu. 

4. Kacang polong 

Penderita asam urat juga tidak disarankan mengonsumsi kacang polong berlebihan. Batasan konsumsi kacang polong yang aman adalah 85 gram dan tidak lebih dari lima kali dalam seminggu.

5. Bayam 

Dikenal sering dijuluki sebagai makanan sayuran sehat, tapi rupanya juga tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan bagi penderita asam urat. 

Bayam mengandung purin dalam jumlah sedang. Ketika dikonsumsi berlebihan maka dampaknya bisa memicu asam urat melonjak. 

Rekomendasi