Manfaat Kopi Hitam untuk Wanita, Salah Satunya Mencegah Kanker

| 07 Jan 2024 06:05
Manfaat Kopi Hitam untuk Wanita, Salah Satunya Mencegah Kanker
Ilustrasi kopi hitam (Freepik)

ERA.idKopi hitam pada dasarnya memang minuman yang identik dan lekat dengan kebiasaan minum kaum pria. Meskipun demikian, ternyata sebagian wanita juga senang dengan minuman tersebut. Banyak manfaat kopi hitam untuk wanita. Salah satu di antaranya yaitu menambah energi. Kopi hitam memiliki sensasi rasa yang khas dan nikmat. Minuman tersebut dapat bermanfaat jika dikonsumsi dengan cara yang benar dan takaran yang wajar. Lantas apa saja fungsi lainnya? Simak ulasan di bawah ini.

Manfaat Kopi Hitam untuk Wanita

Diambil dari buku yang berjudul Manfaat dan Khasiat Teh, Kopi, Susu dan Gula untuk Kesehatan dan Kecantikan karya Risky Wulandari (2022: 41), kopi hitam merupakan minuman kopi yang diracik dengan cara menuangkan air panas dan double espresso.

Bagi Anda yang ingin cita rasa kopi tidak hilang, maka air panas bisa didiamkan sesaat sebelum ditambahkan double espresso. Sedangkan manfaat kopi hitam bagi wanita dapat dilihat dalam ulasan berikut.

Ilustrasi minum kopi (Pexels-Pixabay)

Mencegah depresi

Minum kopi juga menjadi sebuah cara alami bagi seseorang untuk terhindar dari perasaan sedih dan juga mampu membuat suasana hati seseorang menjadi semakin baik.  Bagi wanita, mengonsumsi kopi ternyata dapat mencegah depresi. Manfaat tersebut diterima dari kontribusi kandungan kafein yang ada dalam kopi.

Meningkatkan mood

Kopi adalah minuman yang di dalamnya terkandung kafein dan berfungsi sebagai stimulan yang mampu memompa energi secara instan. Kafein akan menjadi pemicu detak jantung seseorang menjadi lebih cepat sehingga darah akan terpompa lebih maksimal ke seluruh tubuh.  

Manfaat kafein dari kopi inilah yang bisa membantu menambah mood dalam menjalankan aktivitas.

Meningkatkan daya ingat

Wanita merupakan seseorang yang dapat menjalankan tugas dengan multiperan. Berbagai pekerjaan dapat dilakukan dalam satu waktu. Akibat terlalu lelah karena menjalankan berbagai aktivitas seharian, daya ingat pun menjadi menurun.

Dengan mengonsumsi kopi hitam, maka dapat membantu wanita untuk menjaga dan meningkatkan kembali daya ingat yang dimiliki.

Menurunkan berat badan

Kopi hitam juga diyakini sebagai minuman yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Minuman ini disarankan untuk dikonsumsi sebelum atau setelah berolahraga.

Kopi hitam menjadi minuman jenis kopi yang berguna untuk membantu membakar lemak sehingga berat badan seseorang akan turun lebih mudah.

Membantu pencegahan kanker

Manfaat kopi hitam yang lain yaitu mencegah penyakit kanker. Hal ini disebabkan kopi mengandung zat anti kanker yang mampu meminimalisasi risiko tumbuhnya sel-sel penyakit yang mematikan. Seperti yang kita ketahui, cukup banyak wanita yang berisiko terkena penyakit kanker. Entah itu kanker payudara, kanker rahim, dan juga jenis kanker lainnya. Dengan mengonsumsi dua cangkir kopi setiap harinya, maka para wanita dapat menghindari risiko terkena penyakit kanker.

Nah, demikianlah penjelasan tentang manfaat kopi hitam untuk wanita. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi