Manfaat Biji Nangka, Salah Satunya Mencegah Keriput

Tim Editor

Ilustrasi (era.id)

Jakarta, era.id - Nangka adalah salah satu buah yang populer di Asia. Di Indonesia, buah ini biasanya jadi tambahan buat cendol atau kudapan di kala senggang.

Buah nangka bisa dimakan matang, atau bisa juga digoreng. Bijinya pun bisa dimakan. Caranya direbus, lalu dipanggang dan dijadikan tepung. Ada juga yang mengonsumsi biji nangka dengan cara direbus hingga empuk, lalu diiris dan digoreng dengan baluran tepung. 

Biji nangka dikonsumsi sebagai makanan penutup dan digunakan sebagai bahan untuk sejumlah kuliner di Asia. Sedangkan, tepung biji nangka digunakan sebagai bahan pengental dan mengikat dalam industri makanan.

Dilansir dari Boldsky, Rabu (3/4/2019), sesungguhnya biji nangka kaya akan nutrisi seperti riboflavin dan tiamin, yang membantu mengubah makanan menjadi energi. Nutrisi ini membantu menjaga kesehatan mata, kulit, dan rambut Anda.

Biji nangka memiliki banyak protein, karbohidrat dan serat makanan. Mereka mengandung vitamin B, potasium, kalsium, seng, mangan, magnesium, zat besi, dan tembaga. Mereka juga mengandung senyawa antimikroba yang dapat membantu mencegah kontaminasi bakteri yang menyebabkan penyakit bawaan makanan.

Karena kandungan gizinya yang banyak, buah ini nyatanya bermanfaat bagi tubuh manusia. Mari simak menfaat dari biji nangka. 

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Jacalin adalah protein yang ditemukan dalam biji nangka dan terbukti bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh pasien yang terinfeksi virus human immunodeficiency HIV 1. Jacalin adalah lektin rantai dua tetramerik yang menggabungkan rantai berat dari 133 residu asam amino dengan cahaya. Rantai β dari 20 hingga 21 residu asam amino.

2. Mencegah penyakit bawaan makanan dan mengobati penyakit menular
Efek antibakteri dari biji nangka telah dipelajari terhadap bakteri E. coli dan B. megaterium mikroba. Studi ini mengungkapkan efektivitas benih dalam mengobati penyakit menular dan mencegah kontaminasi makanan oleh patogen yang disebabkan oleh makanan yang menyebabkan penyakit yang disebabkan oleh makanan.

3. Meningkatkan kesehatan tulang
Biji nangka membantu menjaga kesehatan tulang karena keberadaan magnesium yang membantu penyerapan kalsium yang lebih baik dalam tubuh. Magnesium bekerja bersama dengan kalsium dalam memperkuat tulang dan mencegah kondisi terkait tulang seperti osteoporosis.

4. Mencegah kanker
Biji nangka mengandung lignan, saponin, isoflavon, dan fitonutrien yang membantu mencegah kanker. Semua komponen ini melindungi tubuh dari radikal bebas yang jika tidak merusak DNA dan meningkatkan proliferasi sel kanker.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Biji nangka memberikan bantuan instan dari gangguan pencernaan. Nutrisi hadir dalam biji nangka dapat membantu Anda mencerna makanan dengan benar. Benih juga mengandung serat makanan dalam jumlah yang baik yang akan membantu proses pencernaan dan juga akan mencegah radang lambung. Ekstrak biji nangka juga dikenal bisa menyembuhkan diare dan disentri.

6. Meningkatkan kesehatan mata
Biji nangka mengandung vitamin A, vitamin yang bertanggung jawab untuk penglihatan yang lebih baik dan juga membantu fungsi organ lain dengan lebih baik. Biji tersebut menurunkan kekurangan vitamin A dan dapat membantu menangkal banyak penyakit yang berhubungan dengan mata seperti kebutaan malam.

7. Meningkatkan kesehatan seksual
Biji nangka dianggap afrodisiak karena mengandung banyak zat besi. Zat besi meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan meningkatkan gairah seks wanita atau pria. Semakin banyak zat besi dalam tubuh, semakin baik gairah, keinginan, pelumasan, dan kemampuan untuk mengalami orgasme.

8. Mengurangi keriput
Lignan, saponin, isoflavon, dan fitonutrien memiliki sifat anti-penuaan yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit, sehingga menyebabkan keriput. Cukup campur bubuk biji nangka dengan susu dingin dan oleskan sebagai masker wajah.

Tag: manfaat makanan buah kesehatan

Bagikan: