Manfaat Temulawak untuk Wajah, Salah Satunya Mencegah Kanker Kulit

| 12 Feb 2023 15:35
Manfaat Temulawak untuk Wajah, Salah Satunya Mencegah Kanker Kulit
Ilustrasi temulawak untuk asam lambung naik (Freepik/jigsawstocker)

ERA.id - Temulawak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan kurkumin di dalamnya. Kurkumin sebagai komponen bioaktif pada temulawak memberikan efek anti peradangan dan antioksidan yang cukup baik untuk peremajaan sel. Penelitian modern juga menunjukkan manfaat temulawak untuk kecantikan kulit. Berikut manfaat temulawak untuk wajah dan kecantikan kulit.

Ilustrasi wajah (Foto: Pixabay)

Mencerahkan Kulit

Temulawak mengandung antioksidan dan komponen anti-inflamasi. Karakteristik ini dapat memberikan kilau dan mencerahkan kulit. Temulawak juga dapat menghidupkan kembali kulit dengan memancarkan cahaya alami. Cobalah masker wajah dari temulawak di rumah untuk melihat manfaat temulawak untuk kecantikan kulit wajah. Anda dapat mencampurkan sedikit yogurt, madu, dan kunyit sebagai campuran masker. Biarkan masker selama 15 menit lalu bersihkan dengan air.

Menyembuhkan Luka pada Kulit

Kurkumin yang ditemukan dalam temulawak dapat membantu menyembuhkan luka dengan mengurangi peradangan dan oksidasi. Kurkumin juga menurunkan respons tubuh Anda terhadap luka kulit. Kondisi ini menghasilkan penyembuhan luka lebih cepat.

Mengatasi Gejala Psoriasis

Kualitas antioksidan dan anti-inflamasi temulawak dapat membantu psoriasis. Temulawak dapat mengendalikan flare (serangan psoriasis yang ditandai dengan munculnya ruam merah dilapisi sisik keperakan) dan gejala lainnya. Sebelum mencobanya, sebaiknya mendiskusikan dosis yang tepat dengan seorang profesional seperti herbalist atau dokter.

Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat temulawak untuk kecantikan berikutnya adalah menghilangkan bekas jerawat. Masker wajah temulawak diyakini mampu membantu mengurangi jerawat dan bekas luka yang dihasilkan. Kualitas anti-inflamasinya dapat menargetkan pori-pori wajah dan menenangkan kulit. Temulawak juga dikenal dapat mengurangi jaringan parut. Kombinasi penggunaan ini dapat membantu wajah bersih dari jerawat.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat temulawak untuk kulit wajah ialah mencegah penuaan dini. Penuaan dini pada kulit wajah ditandai dengan adanya keriput pada wajah dan juga kantung mata yang semakin terlihat. Untuk memperlambat penuaan pada kulit wajah anda dapat menggunakan masker wajah yang dibuat dari bahan alami temulawak. Dengan menggunakan temulawak secara teratur akan membantu mencegah penuaan dini pada kulit wajah.

Menjadi Antioksidan Alami

Temulawak memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit. Mengkonsumsi temulawak setiap hari akan membuat diri kita memiliki antioksidan alami yang kuat. Begitu juga halnya dengan kulit wajah, menggunakan masker wajah secara rutin akan membuat kulit wajah terhindar dari berbagai bahaya radikal bebas karena temulawak bertindak sebagai antioksidan yang alami bagi kulit wajah.

Mencegah Kanker Kulit

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling menakutkan dan dapat menyebabkan kematian. Sel sel kanker akan mudah menyebar dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh yang lainnya, salah satunya kulit. Dengan mengonsumsi temulawak akan mencegah adanya sel kanker dalam tubuh dan mencegah penyebaran sel kanker termasuk yang menyebabkan kanker kulit.

Melembapkan Wajah

Memiliki wajah yang lembab dan tidak kering merupakan idaman bagi banyak wanita. Padatnya aktivitas sehari hari membuat kita harus sering berpapasan dengan sinar matahari dan debu yang membuat kulit wajah kita menjadi kering. Anda dapat menggunakan masker temulawak untuk melembabkan kulit wajah. Manfaat temulawak untuk kecantikan ini dapat Anda miliki dengan cara membuat masker temulawak. Campurkan bubuk temulawak dengan minyak zaitun dan juga kuning telur. Lalu campurkan ketiga bahan tersebut dan oleskan pada kulit wajah secara teratur.

Demikianlah penjelasan tentang manfaat temulawak untuk wajah. Selamat mencoba!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi