Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Musim Hujan, Simak Daftarnya

| 06 Jan 2024 18:05
Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Musim Hujan, Simak Daftarnya
Ilustrasi sayuran hijau (Unsplash/Beth Macdonald)

ERA.id - Sejumlah kota di Indonesia sudah dilanda musim hujan. Perubahan cuaca tersebut tentunya harus diiringi dengan antisipasi agar tubuh tetap prima.  Salah satunya yaitu menyadari sejumah makanan yang sebaiknya dihindari saat musim hujan. Selain menghindari sejumlah makanan, kita juga wajib menjaga kebersihan diri dan rumah saat musim hujan.

Makanan yang sebaiknya dihindari saat musim hujan 

Dilansir dari Healthshots dan The Health Site, di bawah ini adalah sejumlah makanan yang harus dihindari saat musim hujan.

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau adalah salah satu jenis makanan yang harus dihindari saat musim hujan. Sebab, melansir dari Healthshots, suhu dan kelembapan musim hujan sangat kondusif untuk pertumbuhan bakteri dan jamur, khususnya pada sayuran berdaun hijau. Hal ini dikhawatirkan akan menjadi penyebab infeksi lambung. Beberapa contoh sayuran berdaun hijau antara lain bayam, kembang kol, daun fenugreek, kubis, dan sebagainya. Semua jenis sayuran tersebut sebaiknya dihindari saat musim hujan.   

Seafood

Anda juga disarankan untuk menghindari konsumsi seafood saat musim hujan. Sebab, keberadaan patogen dan bakteri di dalam air pada musim hujan dikhawatirkan dapat menginfeksi ikan. Patogen merupakan istilah medis dari kuman, antara lain organisme kecil yang menyebabkan infeksi. Jika ikan sudah terinfeksi bakteri, hal ini dikhawatirkan akan berpindah ke orang yang mengonsumsinya.

Ilustrasi seafood (Pixabay)

Jamur

Pada musim hujan yang cenderung lembab, jamur berpotensia menjadi tempat pertumbuhan bakteri, sehingga risiko infeksi saat dikonsumsi akan semakin meningkat. Jadi, sebaiknya tunda dulu konsumsi jamur pada musim hujan.

Makanan pedas dan gorengan

Selain pada musim hujan, konsumsi makanan pedas dan gorengan juga disarankan untuk dihindari pada hari-hari biasa. Meskipun, kombinasi makanan pedas dan gorengan sangat cocok disantap sembari menyaksikan hujan. Makanan pedas dan gorengan masih boleh dikonsumsi, asalkan dalam jumlah yang wajar. Sebab, konsumsi yang terlalu berlebih dikhawatirkan akan mengganggu pencernaan, dan menimbulkan diare dan dan masalah pencernaan yang lain.

Makanan dengan kandungan garam berlebih

Kelebihan garam dapat menimbulkan retensi dalam tubuh. Retensi merupakan penahanan zat dalam tubuh yang semestinya dikeluarkan. Retensi kerap dihubungkan dengan masalah cairan yang menumpuk di dalam tubuh.  Kondisi ini juga menimbulkan faktor lain misalnya lesu, rasa lapar yang terus menerus, dan sebagainya. 

Makanan mentah

Mengonsumsi makanan mentah termasuk salah satu jalan masuknya patogen, yang pada akhirnya akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan sebab infeksi bakteri dan virus.  Jadi sebelum dikonsumsi, sebaiknya Anda memasak makanan lebih dulu agar bakteri di dalam makanan mati.

Minuman bersoda

Selain makanan, adapula minuman yang disarankan untuk dihindari saat musim hujan, yaitu minuman bersoda. Sebab, walaupun musim hujan tetapi tubuh kita cenderung dehidrasi. Jadi, agar tetap terhidrasi, tubuh tetap memerlukan air putih. Sementara, minuman bersoda memiliki potensi menurunkan mineral dalam tubuh dan melemahkan sistem pencernaan.  

Demikianlah ulasan tentang makanan yang sebaiknya dihindari saat musim hujan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi