Waktu yang Tepat Minum Susu untuk Ibu Hamil, Serta Manfaatnya

| 20 Jan 2024 06:33
Waktu yang Tepat Minum Susu untuk Ibu Hamil, Serta Manfaatnya
Ilustrasi waktu yang tepat minum susu untuk ibu hamil. (Pixabay)

ERA.id - Seorang wanita hamil dapat mengonsumsi sekitar tiga gelas susu, Namun, untuk mendapatkan manfaatnya, sebaiknya minumlah susu yang rendah lemak atau tanpa lemak setiap hari. Pemilihan susu akan tergantung pada status gizi medis dan prenatal seorang ibu hamil. Lantas kapan waktu yang tepat minum susu untuk ibu hamil? Simak ulasan di bawah ini.

Waktu yang Tepat Minum Susu untuk Ibu Hamil

Seorang dokter spesialis obgyn Raymond Surya Tan dari RS Hermina Podomoro menjelaskan, trimester kehamilan adalah salah satu pertimbangan dalam mengawali konsumsi susu. Selama trimester pertama, mual dan muntah kerapkali menjadi masalah, dan sensitivitas terhadap berbagai makanan.

"Jika ibu hamil mengalami mual yang parah, mungkin akan sulit untuk mengonsumsi susu. Namun, jika mual tidak begitu parah, susu tetap dapat diberikan karena susu merupakan sumber protein dan kalsium yang baik," tulis Raymond, mengutip laman Hermina Hospital.

Trimester kedua biasanya dianggap sebagai waktu yang tepat untuk mengawali mengonsumsi susu mengingat mual muntah yang sudah mereda dan janin mulai memerlukan lebih banyak nutrisi dalam pertumbuhannya.

Kalsium dalam susu berfungsi penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang serta gigi janin, adapun protein menjadi bahan penyusun dari jaringan tubuh janin.

Asupan nutrisi pada trimester ketiga juga sangat penting. Pada tahap ini, pertumbuhan dan perkembangan janin semakin cepat, dan tubuh ibu membutuhkan nutrisi tambahan. Meskipun demikian, beberapa ibu hamil mungkin merasa tidak nyaman karena ukuran perut yang semakin besar.

Pilihan seperti yogurt atau susu rendah lemak dapat dijadikan alternatif tetap untuk mempertahankan asupan nutrisi yang baik selama hamil.

Ilustrasi waktu yang tepat minum susu untuk ibu hamil. (Pixabay)

Manfaat Susu bagi Ibu Hamil

Susu menawarkan manfaat berikut ini selama kehamilan, mengutip Mom Junction pada 19 Januari 2024.

Protein untuk perkembangan bayi

Selama kehamilan, asupan protein yang optimal membantu mendukung pertumbuhan bayi dan sel-selnya berkembang biak dengan cepat. Protein dapat membantu memperkuat rahim, meningkatkan suplai darah, dan menyehatkan bayi.

Jika asupan protein tidak mencukupi, maka dapat meningkatkan risiko berat badan lahir rendah pada bayi.

Kebutuhan harian protein untuk ibu hamil adalah 1,1 g/kg berat badan/hari. Satu gelas susu mengandung 8-9 gram protein.

Oleh susu itu, mengonsumsi tiga gelas susu rendah lemak dapat membantu Anda memenuhi lebih dari sepertiga kebutuhan protein harian Anda.

Kalsium makanan untuk tulang

Ibu hamil memerlukan sekitar 50 hingga 330mg kalsium untuk mendukung perkembangan kerangka janin. Untuk melengkapi kebutuhan ini, seorang wanita hamil berumur 19 tahun ke atas direkomendasikan untuk mengonsumsi 1.000mg kalsium sehari.

Ibu hamil di bawah 19 tahun direkomendasikan untuk mengonsumsi 1.300 mg kalsium sehari. Satu gelas (250ml) susu tanpa lemak menawarkan 309mg kalsium. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengonsumsi tiga hingga empat gelas susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian selama kehamilan.

Vitamin D mencegah rakhitis neonatal

Asupan vitamin D selama kehamilan dapat mencegah rakhitis neonatal dan berat badan lahir rendah. Kebutuhan harian vitamin D adalah 400IU (12), dan satu porsi (8oz) susu dapat memberikan 115 hingga 124 IU.

Oleh sebab itu, mengonsumsi tiga porsi susu dapat membantu ibu hamil memenuhi 59 persen kebutuhan vitamin ini. Rakhitis adalah kondisi melunaknya dan pelemahan tulang pada anak-anak yang ekstrem dalam jangka waktu lama.

Meredakan mulas

Masalah lambung lainnya merupakan hal yang umum terjadi selama kehamilan. Minum susu tanpa lemak atau susu rendah lemak dapat meredakan gejala mulas hingga batas tertentu.

Menjadikan ibu hamil tetap terhidrasi

Jika Anda merasa dehidrasi atau stres, minum segelas susu tentunya dapat membantu. Susu membuat Anda tetap terhidrasi dan menggantikan cairan yang hilang dalam tubuh.

Demikianlah ulasan tentang waktu yang tepat minum susu untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi