Waktu Terbaik Minum Vitamin agar Dapat Manfaat Maksimal

| 05 Aug 2023 08:15
Waktu Terbaik Minum Vitamin agar Dapat Manfaat Maksimal
Waktu terbaik minum vitamin (unsplash)

ERA.id - Memilih waktu yang tepat untuk minum vitamin merupakan hal penting untuk mendapatkan manfaat bagi tubuh. Namun Anda harus pintar-pintar memilih waktu untuk mengkonsumsi vitamin. Apakah ada waktu terbaik minum vitamin?

Perlu diketahui, setiap vitamin memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda, sehingga waktu konsumsi yang tepat dapat meningkatkan penyerapan dan efektivitasnya.

Pemahaman tentang waktu terbaik minum vitamin dapat membantu Anda mengoptimalkan kesehatan dan nutrisi tubuh secara keseluruhan.

Berikut ini akan dibahas beberapa panduan tentang waktu yang optimal untuk mengkonsumsi vitamin-vitamin tertentu agar dapat memberikan manfaat yang optimal bagi tubuh.

Waktu Terbaik Minum Vitamin

Dilansir dari laman AI Care, penting untuk memperhatikan aturan minum vitamin yang berbeda untuk setiap jenisnya. Waktu terbaik untuk mengkonsumsi vitamin akan tergantung pada jenis vitamin yang hendak dikonsumsi dan kondisi kesehatan tubuh.

Berikut adalah panduan mengenai waktu yang optimal untuk mengonsumsi berbagai jenis vitamin sesuai dengan kelarutannya:

  1. Vitamin yang Larut dalam Air

Vitamin yang larut dalam air meliputi vitamin B dan C. Setelah diserap oleh tubuh, vitamin ini akan didistribusikan ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Karena sifatnya yang larut dalam air, kelebihan vitamin B dan C tidak dapat disimpan oleh tubuh dan akan dikeluarkan melalui urine.

beberapa jenis vitamin C dan B juga dapat dikonsumsi tanpa makanan (unsplash)

Oleh karena itu, tidak dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dan C secara berlebihan, karena tubuh akan membuang kelebihannya.

Untuk mengkonsumsi vitamin B dan C, waktu yang tepat adalah di pagi hari setelah sarapan atau makan siang. Mengonsumsi vitamin pada pagi hari akan memudahkan penyerapan oleh tubuh, terutama vitamin B12, ketika dikonsumsi bersamaan dengan makanan.

Selain itu, beberapa jenis vitamin C dan B juga dapat dikonsumsi tanpa makanan. Jika Anda mengonsumsi kedua jenis vitamin ini dalam satu hari, sebaiknya beri jarak sekitar dua jam agar penyerapannya berjalan lebih optimal.

  1. Vitamin yang Larut dalam Lemak

Vitamin yang larut dalam lemak meliputi vitamin A, D, E, dan K. Untuk mengkonsumsi vitamin ini, disarankan pada malam hari atau setelah makan. Vitamin ini memerlukan lemak untuk dapat larut dan tersebar di dalam tubuh. Beberapa makanan yang mengandung lemak sehat, seperti alpukat dan kacang-kacangan, dapat membantu penyerapan vitamin ini.

Kelebihan vitamin A, D, E, dan K akan disimpan dalam hati oleh tubuh. Ketika dibutuhkan, tubuh akan mengambil dari cadangan tersebut. Oleh karena itu, penting untuk mengkonsumsi vitamin ini sesuai dosis yang dianjurkan untuk menghindari penumpukan vitamin yang dapat menyebabkan keracunan.

  1. Vitamin Kehamilan

Vitamin untuk kehamilan biasanya mengandung kalsium, zat besi, dan asam folat. Zat besi sebaiknya dikonsumsi saat perut kosong dan tidak disarankan untuk dikonsumsi bersamaan dengan produk olahan susu.

Biasanya, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin kehamilan di pagi hari dengan perut kosong dan minum dengan segelas air. Namun, jika mengalami mual, maka vitamin kehamilan bisa diminum sebelum tidur.

Secara keseluruhan, waktu terbaik untuk mengkonsumsi vitamin bergantung pada jenis vitamin yang dikonsumsi. Beberapa vitamin lebih baik dikonsumsi di pagi hari dengan perut kosong, sementara ada pula yang harus dikonsumsi bersama makanan dan minuman untuk penyerapannya yang optimal dan mengurangi efek samping pada tubuh.

Penting untuk selalu mengikuti aturan minum yang dianjurkan untuk masing-masing jenis vitamin agar manfaatnya dapat dirasakan dengan optimal. Selain itu, konsultasikan juga dengan dokter atau ahli gizi untuk dosis dan waktu konsumsi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Selain waktu terbaik minum vitamin, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi