Pakai Sunscreen di Dalam Ruangan, Apa Saja Manfaatnya?

| 28 Jan 2024 18:12
Pakai Sunscreen di Dalam Ruangan, Apa Saja Manfaatnya?
Ilustrasi memakai sunscreen (iStockphoto/lovelyday12)

ERA.id - Bagi sebagian orang, memakai sunscreen di dalam ruangan mungkin terkesan seperti hal yang tidak biasa. Faktanya, memakai sunscreen di dalam ruangan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit untuk jangka pendek ataupun panjang.

Seperti halnya dengan menggunakan sunscreen di luar ruangan, pemakaian sunscreen di dalam ruangan juga bisa membantu melindungi kulit dari kanker hingga membuat proses penuaan kulit melambat.

Memakai Sunscreen di Dalam Ruangan

Untuk selengkapnya, di bawah ini adalah beberapa manfaat memakai sunscreen di dalam ruangan seperti yang dilansir dari SunDoctors Skin Cancer Clinics.

Ilustrasi memakai sunscreen di dalam ruangan (iStockphoto)

Mencegah penuaan dini

Kegunaan memakai sunscreen di dalam ruangan yang pertama adalah mencegah penuaan dini. Matahari menghasilkan dua jenis sinar ultraviolet yang berpotensi merusak kulit, antara lain sinar UVA dan UVB.

Paparan sinar UVA secara terus menerus dapat menimbulkan penuaan dini pada kulit, misalnya kerutan. Untuk membantu mencegahnya, seorang dermatologist bersertifikat bernama Dr. Robyn Gmyrek merekomendasikan penggunaan sunscreen di dalam ruangan sepanjang tahun.

Meskipun tidak terdapat tanda-tanda penyamakan atau terbakar pada kulit, kita tetap tidak memahami seberapa banyak paparan sinar UVA yang menyentuh kulit. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap mengaplikasikan sunscreen khususnya yang berspektrum luas termasuk di dalam ruangan.

Memblokir blue light yang dipancarkan layar gadget

Manfaat memakai sunscreen di dalam ruangan berikutnya yaitu memblokir blue light yang dipancarkan layar gadget.

Manfaat sunscreen lebih dari sekadar menyaring sinar matahari. Sunscreen mineral, khususnya, dapat memberikan penghalang antara kulit dan polutan lingkungan seperti paparan blue light.

Meskipun blue light tidak dapat menimbulkan kulit terbakar, tetapi hal ini dapat mengakibatkan bintik-bintik penuaan karena adanya peningkatan melanin serta kulit kendur akibat penurunan kolagen. Nah, untuk mengurangi efek blue light pada kulit Anda, penggunaan sunscreen di dalam ruangan dapat sangat membantu.

Melindungi kulit dari kanker

Kegunaan memakai sunscreen di dalam ruangan selanjutnya yaitu melindungi kulit dari potensi kanker. Banyak yang memiliki asumsi bahwa sinar matahari tidak akan berbahaya saat mereka melakukan aktivitas di dalam ruangan.

Faktanya, sinar UVB yang memberikan kontribusi pada respons peradangan dan kulit terbakar tetap berpotensi menembus ke celah-celah ruangan.

Ketika kulit tersengat sinar matahari dan dibiarkan mengelupas, dari waktu ke waktu, sel-sel yang tersisa lebih berisiko mengalami kerusakan lebih lanjut. Adapun kondisi ini dapat meningkatkan risiko terpapar kanker kulit.

Meningkatkan hasil penggunaan skincare

Manfaat menggunakan sunscreen di dalam ruangan yang lain yaitu meningkatkan hasil penggunaan skincare. Melewatkan penggunaan sunscreen termasuk di dalam ruangan akan menjadikan hasil penggunaan skincare menjadi kurang efektif sekaligus meningkatkan risiko kulit terpapar sinar matahari.

Dari sekian banyak kandungan skincare yang ada, beberapa di antaranya rentan membuat sensitivitas kulit meningkat, seperti retinol. Menurut Healthline, penggunaan retinol dapat menjadikan kulit lebih mudah terbakar sinar matahari. Produk skincare yang mengandung retinol dapat membuat lapisan luar kulit menjadi tipis dan meningkatkan kepekaan terhadap sinar matahari.

Dengan tetap mengoleskan sunscreen di dalam ruangan setelah menggunakan cleanser, toner, serum, dan moisturizer, Anda akan mendapatkan hasil dari setiap produk dan mencegah permasalahan kulit yang tidak diinginkan karena paparan sinar matahari.

Demikian beberapa manfaat memakai sunscreen di dalam ruangan. Setelah memahami manfaatnya, hendaknya jangan sampai melewatkan penggunaan sunscreen lagi meskipun Anda hanya berdiam diri di rumah.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi