Berapa Kali Pakai Sunscreen dalam Sehari dan Seberapa Besar Pengaruh SPF?

| 12 Jan 2024 06:05
Berapa Kali Pakai Sunscreen dalam Sehari dan Seberapa Besar Pengaruh SPF?
Memilih SPF dalam Sunscreen atau Tabir Surya (unsplash)

ERA.id - Pemakaian tabir surya atau sunscreen untuk merawat kulit agar tetap sehat dan terlindungi dari bahaya sinar UV menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Namun tahukah Anda anjuran berapa kali pakai sunscreen dalam sehari?

Pertanyaan penggunaan sunscreen mungkin muncul di benak banyak orang yang peduli dengan kesehatan kulit mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi panduan praktis seputar berapa kali seharusnya kita menggunakan sunscreen dalam sehari.

Anjuran Berapa Kali Pakai Sunscreen dalam Sehari

Seberapa sering harus mengulang penggunaan sunscreen tidak hanya dihitung berdasarkan tingkat SPF. Menggunakan tingkat SPF yang lebih tinggi tidak memberi Anda waktu ekstra penggunaan tabir surya. Melainkan tingkat SPF sebanding dengan tingkat perlindungan UVB yang Anda dapatkan dari tabir surya Anda.

Jadi, seberapa sering seharusnya Anda mengulang penggunaan tabir surya? Secara umum, Anda sebaiknya mengulang penggunaan tabir surya setiap dua jam untuk perlindungan yang konsisten.

Namun, jika Anda berkeringat atau berenang, Anda perlu mengaplikasikan lebih sering sunscreen. Untuk memastikan Anda terlindungi bahkan ketika aktif, sebaiknya Anda mengulang penggunaan tabir surya setidaknya setiap 80 menit.

Memilih SPF dalam Sunscreen atau Tabir Surya (unsplash)

Memilih SPF dalam Sunscreen atau Tabir Surya

Seperti yang Anda ketahui, tabir surya tersedia dalam beberapa tingkat SPF, utamanya: SPF 15, 30, 50, dan 100. Satu hal yang harus dipahami adalah tingkat SPF tidak sesuai dengan persentase perlindungan yang Anda terima dari tabir surya itu.

Sebagai contoh SPF 100 tidak berarti Anda terlindungi 100% dan tidak perlu mengulang penggunaan sepanjang hari.

SPF yang merupakan faktor perlindungan matahari mengukur tingkat pertahanan terhadap paparan sinar matahari UVB (yang menyebabkan kanker kulit dan luka bakar matahari). Berdasarkan tingkat SPF yang Anda pilih, berikut beberapa di antaranya:

  • Memblock 93% sinar UVB dengan SPF 15
  • Memblock 97% sinar UVB dengan SPF 30
  • Memblock 98% sinar UVB dengan SPF 50
  • Memblock 99% sinar UVB dengan SPF 100

Berdasarkan penjelasan di atas diketahui hanya ada peningkatan sedikit dari perlindungan UVB, maka SPF 30 atau 50 dianggap sebagai standar emas. Biasanya, SPF 100 tidak direkomendasikan karena tidak nyaman digunakan.

Nah, setelah Anda tahu bahwa pengulangan penggunaan adalah kunci untuk mendapat perlindungan matahari yang konsisten sepanjang hari, Anda mungkin khawatir tabir surya yang Anda gunakan tidak begitu melindungi dan terlalu mahal.

Selain itu, Anda akan menggunakan lebih banyak tabir surya daripada sebelumnya karena mengulang penggunaan selama beberapa kali sepanjang hari adalah yang terbaik. Untuk itu perhatikan penggunaan jumlah tabir surya yang tepat, sebagai berikut:

  • Oleskan tabir surya ke seluruh wajah dan tubuh Anda.
  • Berikan perhatian khusus pada area yang sangat sensitif seperti bagian bawah mata, bagian atas telinga, bagian belakang leher, dan sebagainya.
  • Gosok hingga merata, baik dengan tangan atau kuas.

Kemudian seberapa lama waktu yang sebaiknya Anda tunggu sebelum keluar setelah menggunakan tabir surya tergantung pada jenis tabir surya yang Anda gunakan.

Umumnya, tabir surya kimia memerlukan waktu tunggu karena tabir surya tersebut perlu meresap ke dalam kulit untuk melindungi Anda dengan menyerap sinar UV. Untuk itu, sebaiknya Anda mengoleskannya sekitar 15 hingga 20 menit sebelum Anda keluar rumah.

Selain berapa kali pakai sunscreen dalam sehari, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi