Konsumsi Cuka Apel Sebelum Tidur, Apa Manfaatnya?

| 28 Jan 2024 08:51
Konsumsi Cuka Apel Sebelum Tidur, Apa Manfaatnya?
Ilustrasi manfaat mengonsumsi cuka apel sebelum tidur (Freepik/jcomp)

ERA.idCuka apel diproduksi dengan cara memfermentasi gula dari apel yang memecahnya menjadi asam asetat, bahan aktif yang digunakan dalam cuka. Bahan tersebut dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan tubuh karena adanya kandungan berbagai macam nutrisi. Melansir laman RS Siloam, cuka apel memiliki kandungan energi, karbohidrat, kalsium, fosfor, natrium, zat besi, kalium, dan natrium. Kandungan bakteri probiotik dalam cuka apel juga sangat baik bagi kesehatan tubuh karena diyakini mampu mendukung kesehatan saluran pencernaan. Dalam artikel ini akan dijelaskan apa saja manfaat mengonsumsi cuka apel sebelum tidur.

Mengonsumsi Cuka Apel Sebelum Tidur

Manfaat cuka apel dapat dirasakan tubuh jika Anda mengonsumsinya sebelum tidur di malam hari. Melansir Healthy Active, di bawah ini adalah manfaat mengonsumsi cuka apel sebelum tidur:

Ilustrasi (Unsplash/Tawfiqu Barbhuiya)

Menjaga berat badan  

Salah satu manfaat mengonsumsi cuka apel sebelum tidur yaitu menjaga berat badan. Manfaat tersebut dapat dirasakan seseorang karena cuka apel bermanfaat untuk menambah rasa kenyang. Ketika seseorang merasa kenyang setelah mengonsumsi cuka apel, hal ini bisa mengekang nafsu makan dan dengan mudah membantu defisit kalori. Menjaga defisit kalori dan mengonsumsi protein yang cukup melalui cuka apel juga mampu merangsang penurunan lemak sehingga membantu tujuan pengelolaan berat badan. Pada sisi lain, cuka apel juga berguna untuk membantu menyerap nutrisi dalam tubuh secara optimal.

Mengurangi asam lambung

Cuka apel juga berperan dalam mengurangi gejala asam lambung, seperti heartburn dan refluks asam. Mengonsumsi cuka apel dalam jumlah kecil dan encer akan menetralkan dan mengatur produksi asam lambung, membantu menghindari refluks asam dan mulas. Walaupun demikian, sebelum mengonsumsi cuka apel, Anda disarankan untuk konsultasi dengan dokter jika seseorang menderita penyakit kronis kelebihan produksi asam lambung.

Mengontrol gula darah

Tahukah Anda, mengonsumsi cuka apel sebelum tidur secara teratur dapat membantu menjaga kadar glukosa darah dalam tubuh? Manfaat tersebut dapat Anda rasakan karena cuka apel bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu penggunaan glukosa dengan lebih efektif. Hal yang harus diketahui adalah penurunan sensitivitas insulin dan peningkatan kadar gula darah menjadi penyebab utama diabetes semakin berkembang.

Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat selanjutnya dari mengonsumsi cuka apel sebelum tidur yaitu untuk meningkatkan kualitas tidur. Cuka apel dapat meningkatkan kualitas tidur karena di dalamnya terkandung asam amino seperti triptofan yang merangsang produksi melatonin dan serotonin, hormon yang berfungsi mengatur siklus tidur. Selain itu, cuka apel yang mampu mengontrol kadar gula darah, melancarkan pencernaan, dan meningkatkan pH lambung bisa membantu tubuh merasa lebih rileks sehingga keinginan tidur bisa tercapai.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kesehatan pencernaan juga dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi cuka apel sebelum tidur. Mengonsumsi cuka apel di malam hari sebelum tidur juga ikut menstimulasi dan membantu asam lambung untuk mencerna makanan yang optimal. Cuka apel juga mampu meningkatkan pH secara menyeluruh dan produksi asam di lambung yang membantu menyerap nutrisi yang optimal dalam tubuh.

Melawan radikal bebas

Stres oksidatif yang diakibatkan oleh radikal bebas berpotensi merusak sel-sel tubuh seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu, kondisi tersebut dapat ditangani dengan mengonsumsi cuka apel sebelum tidur. Mengonsumsi cuka apel di malam hari dapat membantu tubuh memanfaatkan sifat antioksidannya secara optimal.

Menghambat pertumbuhan bakteri

Asam asetat yang terkandung dalam cuka apel memiliki sifat antimikroba yang membantu menghambat pertumbuhan bakteri jahat di dalam perut. Mengonsumsi cuka sari apel secara rutin sebelum tidur akan membantu mengatur bakteri usus dengan memperlambat pertumbuhan dan penyebaran bakteri. Dengan demikian, cuka apel juga membantu menyerap nutrisi secara optimal dalam tubuh serta membantu menghindari beberapa penyakit yang berkaitan dengan usus.

Demikianlah ulasan tentang manfaat mengonsumsi cuka apel sebelum tidur. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi