Cara Merawat Kuku Panjang Agar Tidak Kuning, Ini Bahan-bahan yang Bisa Digunakan

| 18 Aug 2024 11:32
Cara Merawat Kuku Panjang Agar Tidak Kuning, Ini Bahan-bahan yang Bisa Digunakan
Ilustrasi kuku (Valeria Boltneva/Pexels)

ERA.id - Tidak sedikit kaum wanita yang rela mengeluarkan uang dan meluangkan waktu mereka untuk menjalani perawatan tubuh sebagai cara mempercantik penampilan. Bagi wanita, seluruh bagian tubuh tidak boleh luput dari perawatan agar penampilannya mendekati sempurna. Salah satu perawatan yang dianggap sepele oleh kebanyak orang adalah perawatan kuku. Kuku yang sehat umumnya berwarna cerah, sehingga akan mudah diwarnai dengan cat kuku. Namun, jika kuku berwarna kuning, tentunya akan menjadi hal yang mengganggu penampilan. Tidak perlu khawatir, simak cara merawat kuku panjang agar tidak kuning di bawah ini!

Cara Merawat Kuku Panjang Agar Tidak Kuning

Dilansir dari laman Beauty, Beberapa bahan yang mudah didapatkan di bawah ini juga bisa membantu dalam merawat kuku:

Kulit Jeruk

Jika Anda gemar mengonsumsi buah jeruk, sebaiknya jangan lekas membuang kulit jeruk. Cara memutihkan kuku dengan menggunakan kulit jeruk sangatlah mudah. Anda hanya rutin menggosokkan kulit jeruk tersebut ke kuku-kuku tangan dan kaki. Lakukan satu kali sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Ilustrasi kulit jeruk. (Karolina Grabowska/Pexels)

Kulit Lemon

Seperti halnya kulit jeruk, Anda juga dapat memutihkan kuku dengan kulit lemon. Caranya dengan memeras kulit lemon hingga keluar seperti spray air dan arahkan langsung ke kuku satu per satu. Jalani perawatan ini dengan rutin agar prosesnya dapat dirasakan dengan cepat.

Baking Soda

Cara merawat kuku berikutnya yaitu dengan menggunakan baking soda. Baking soda akan membantu mengangkat noda kuning pada kuku, dan cara ini pun diyakini cukup efektif dan aman dilakukan. Anda bisa menggunakan 3 sendok teh baking soda dan tambahkan sedikit air sampai teksturnya menjadi pasta. Oleskan bahan ini pada bagian kuku satu persatu dan diamkan sampai mengering dengan sendirinya.

Cuka Apel

Bagi Anda yang memiliki persediaan cuka apel di rumah, dapat menggunakan air cuka apel tersebut untuk perawatan kuku setiap hari. Namun, Anda harus memastikan jika kuku Anda sudah dalam keadaan bersih sebelum dioleskan satu per satu hingga merata. Selanjutnya, diamkan kuku Anda hingga mengering dan bilaslah dengan air bersih.

Ilustrasi cuka apel. (Freepik/jcomp)

Pasta Gigi

Bahan yang biasa Anda gunakan setiap hari, yaitu pasta gigi, ternyata bisa membantu memutihkan  kuku. Sebelum mengoleskan pasta gigi tersebut ke kuku Anda, pastikan agar kuku Anda dalam keadaan bersih. Oleskan pasta gigi tersebut dan gosok perlahan dengan sikat khusus. Agar hasilnya maksimal, Anda dapat menjalani perawatan ini setiap hari.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga dipilih untuk menjadikan warna kuku lebih cerah. Siapkan terlebih dahulu 3 hingga 4 sendok minyak zaitun dan bersihkan kuku Anda terlebih dahulu. Selanjutnya, olesi kuku dengan minyak zaitun dan pijatlah perlahan. Anda dapat melakukan hal ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Air Garam

Dengan cara ini, Anda hanya memerlukan semangkuk besar air hangat dan garam sebanyak 4 hingga 5 sendok makan. Anda dapat merendam kuku ke dalam mangkuk sambil digosok perlahan dengan sikat gigi.

Selain menggunakan beberapa bahan di atas, Anda juga dapat menerapkan beberapa cara yang tidak kalah manjur. Lakukan beberapa hal berikut:

  • Hindari konsumsi minuman berkafein dan alkohol melebihi batas.
  • Konsumsi Vitamin B dari kacang-kacangan dan sayuran, misalnya kedelai, gandum, bayam, selada, dan kubis.
  • Pastikan kebutuhan air putih Anda tercukupi setiap harinya (satu hari 2-3 liter).

Itulah beberapa cara merawat kuku panjang agar tidak kuning yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi