Obat Nyamuk Alami yang Mudah Didapatkan

| 02 Feb 2024 07:17
Obat Nyamuk Alami yang Mudah Didapatkan
Ilustrasi Nyamuk (Pixabay)

ERA.idNyamuk merupakan salah satu binatang yang kerap mengganggu. Gigitannya tidak hanya bisa membuat kulit bentol dan gatal, tapi juga menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Untuk mengendalikannya maka dibutuhkan obat nyamuk agar terhindar dari dampak tersebut. Obat nyamuk yang sering dijual di pasaran sebagian besar mengandung bahan kimia yang tinggi dan dapat menyebabkan masalah pernapasan, seperti memicu batuk-batuk hingga sesak napas. Oleh karena itu, obat nyamuk alami diperlukan agar aman dan nyaman digunakan.

Obat Nyamuk Alami

Terlebih di musim penghujan seperti saat ini, intensitas nyamuk mulai meningkat. Adapun obat nyamuk alami yang dalat digunakan dan dapat diracik sendiri sebagai salah satu home remedies adalah sebagai berikut:

Bubuk Kopi

Ampas kopi ternyata bisa jadi pengusir nyamuk yang cukup ampuh. Melansir Live Space, cara penggunaannya dengan membuang bubuk atau ampas kopi ke titik-titik tempat air menggenang. Tempat ini biasanya jadi tempat favorit nyamuk berkembang biak. Ketika air tersebut diberi bubuk kopi, maka telur nyamuk akan naik ke atas dan mati akibat kekurangan oksigen.

Ilustrasi bubuk kopi sebagai obat nyamuk alami (Caio/Pexels)

Bunga Lavender

Bunga Lavender, Lavandula angustifolia, bersifat analgesik, anti jamur dan antiseptik. Itulah sebabnya cairan anti nyamuk banyak yang mencampurkan ekstrak Bunga Lavender sebagai variannya. Bunga Lavender efektif untuk menenangkan dan menyejukkan kulit.

Cara membuat obat anti nyamuk dari bahan alami ini yaitu dengan cara menghancurkan Bunga Lavender dan langsung mengoleskan sari bunga ke area tubuh yang terbuka seperti tangan, kaki atau leher.

Cairan Bawang Putih

Semprotan bawang putih bisa jadi alternatif semprotan kimia yang berbahaya. Cairan ini bisa dibuat dengan cara mencincang beberapa siung bawang putih dan rebus dalam air selama beberapa menit. Lalu semprotkan ke area dan ruangan yang ingin dilindungi dari nyamuk.

Minyak Kayu Putih Lemon dan Bunga Matahari

Bahan alami ini sudah memiliki efektivitas tinggi dalam memberikan perlindungan tubuh selama sekitar 3 jam. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan minyak kayu putih lemon dan minyak bunga matahari. Lalu gunakan dengan cara membalurkan campuran tersebut ke seluruh tubuh untuk memberikan perlindungan maksimal. Meski terbuat dari bahan alami, namun bahan ini sebaiknya tidak diberikan kepada anak berusia di bawah 3 tahun.

Serai

Serai atau Lemongrass (Cymbopogon citratus) merupakan tanaman wangi yang mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Tanaman herbal ini menjadi salah satu wewangian favorit banyak orang karena dapat memancarkan aroma yang menyenangkan dan menenangkan. Serai juga sering dijadikan sebagai bahan alami ini dalam berbagai produk komersial seperti parfum, aromaterapi, lotion dan lilin.

Serai mengandung Citronella, yaitu minyak alami yang terkenal di seluruh dunia sebagai bahan alami pengusir nyamuk. Berdasarkan studi ilmiah tentang efisiensi pengusir serangga nabati pada tahun 2011, terungkap bahwa Citronella dari Serai memiliki bau yang menyengat sehingga mampu mengusir nyamuk dalam waktu 2,5 jam dan terbukti mengurangi gigitan nyamuk tersebut hingga 40 persen.

Cara menggunakan bahan alami ini cukup dengan membakar sebatang Serai di dalam ruangan. Asapnya bisa memberikan perlindungan ekstra.

Minyak Kayu Manis

Minyak kayu manis juga merupakan obat nyamuk alami. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan ¼ sendok teh (24 tetes) minyak kayu manis dengan 4 ons air. Campuran ini dapat digunakan langsung ke kulit, pakaian atau ruangan dengan disemprot atau dioleskan.

Penggunaan minyak ini sebaiknya hati-hati karena penggunaan yang berlebihan dapat memyebabkan iritasi kulit terutama untuk kulit sensitif. Jika setelah menggunakannya terjadi ruam atau gatal, maka segera hentikan penggunaan dan bersihkan kulit dengan air.

Minyak Pohon Teh

Minyak Pohon Teh atau Tea Tree Oil tidak hanya ampuh mengatasi jerawat, namun juga efektif untuk mengusir nyamuk di sekitar rumah karena sifatnya yang antiseptik, antimikroba dan antiinflamasinya.

Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan beberapa tetes minyak pohon teh dan air lalu masukkan campuran ini ke dalam botol. Semprotkan cairan ke lingkungan rumah.

Minyak Thyme

Thyme efektif mengusir nyamuk yang menjadi penyebab malaria. Obat nyamuk alami ini bisa digunakan dengan tiga cara, yaitu:

  • Pertama, bakar daun tyme. Asap dari pembakaran daun efektif membunuh nyamuk tersebut.
  • Kedua, campurkan 4 tetes minyak thyme dengan satu sendok minyak zaitun atau jojoba, kemudian minum.
  • Ketiga, campurkan 5 tetes minyak thyme dengan 2 ons air. Larutan ini bisa digunakan sebagai semprotan nyamuk.

Minyak Cengkeh

Penelitian telah menemukan bahwa minyak cengkeh topikal yang encer aktif dalam melawan nyamuk. Penelitian juga menyimpulkan bahwa bahan alami ini efektif selama hampir empat jam. Namun, seperti minyak thyme, minyak cengkeh tidak boleh dioleskan tanpa diencerkan terlebih dahulu pada kulit karena dapat terserap dan menimbulkan efek buruk.

Untuk membuat minyak cengkeh menjadi obat pengusir nyamuk, maka campurkan seperempat sendok makan minyak cengkeh untuk sekitar 100 mililiter air. Campuran ini bisa disemprotkan di kulit, baju, maupun ruangan.

Bahan alami tersebut dapat digunakan sebagai obat nyamuk alami untuk melindungi diri dari nyamuk atau mengobati gigitan nyamuk. Selamat mencoba.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi