Mudah Didapatkan, Inilah Obat Batuk Berdahak Alami yang Direkomendasikan

| 19 Oct 2022 20:04
Mudah Didapatkan, Inilah Obat Batuk Berdahak Alami yang Direkomendasikan
Ilustrasi jahe diseduh bersama lemon dan mint (Unsplash/Julia Vivcharyk)

ERA.id - Pada umumnya, obat batuk berdahak akan membuat orang yang meminumnya begitu mengantuk. Sebenarnya, batuk berdahak sendiri bisa diobati dengan bahan-bahan alami. Bahan-bahan ini cukup manjur dan bebas dari efek samping.

Batuk berdahak merupakan sebuah kondisi di mana paru-paru mengalami infeksi dan menjadikan produksi dahak melebihi batas normal. Untuk meredakan batuk berdahak ini, biasanya orang mengonsumsi obat batuk khusus

Sedangkan Medical News Today menyatakan bahwa batuk berperan untuk membersihkan iritasi dan infeksi yang terjadi dalam tubuh. Akan tetapi, batuk yang terlalu lama akan menimbulkan ketidaknyamanan dan tentunya mengganggu aktivitas Anda. Oleh karena itulah kondisi ini harus segera ditangani dengan tepat.

Cara menangani batuk berdahak ternyata dapat diterapkan di rumah secara mandiri. Hal ini berlaku jika batuk yang dialami belum terlalu parah. Apa saja bahan-bahan yang dapat digunakan? Berikut penjelasannya.

Obat Batuk Berdahak Alami

Beberapa obat batuk berdahak alami yang dapat Anda siapkan secara mandiri adalah sebagai berikut:

Madu

Madu (Steve Buissinne-Pixabay)

Para ilmuwan yang melakukan penelitian pada tahun 2021 menemukan bahwa madu mampu menghasilkan efek yang baik dalam pengobatan batuk pada infeksi saluran pernapasan atas. Selain itu, para peneliti juga menyimpulkan bahwa madu memiliki peran sebagai antibiotik dalam mengatasi batuk.

Seseorang bisa mengonsumsi madu dengan langsung mengonsumsi madu, atau mencampurkannya dengan minuman lain, misalnya teh hangat atau teh herbal.

Air Hangat

Bagi Anda yang tengah mengalami batuk dan pilek, penting untuk menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh agar tetap terhidrasi. Oleh sebab itu, menjaga kebutuhan minum pada suhu kamar mampu meredakan batuk, pilek, dan bersin.

Namun, beberapa orang merasakan manfaat yang lebih cepat jika air yang mereka minum mempunyai suhu yang lebih panas. Studi menunjukkan jika minuman panas mampu mengurangi berbagai gejala seperti kedinginan, kelelahan, dan sakit tenggorokan.

Jahe

Jahe adalah salah satu herbal dapur yang mampu meredakan batuk karena di dalamnya terdapat kandungan yang bersifat anti-inflamasi. Selain meredakan batuk, jahe juga diyakini mampu menghilangkan rasa mual.

Anda dapat mengonsumsi jahe dengan cara mencampurkannya ke dalam teh. Namun, Anda harus berhati-hati, sebab beberapa orang bisa mengalami mulas atau sakit perut setelah mengonsumsi teh jahe.

Air Garam

Air garam juga dapat dijadikan cara sederhana untuk mengobati batuk berdahak dan sakit tenggorokan. Air garam mampu mengurangi dahak dan lendir pada bagian belakang tenggorokan, sehingga mampu mengurangi gejala batuk berdahak.

Anda dapat mengaduk setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat hingga larut. Selanjutnya, biarkan larutan hingga dingin sebelum Anda gunakan untuk berkumur.

Tahan campuran tersebut pada bagian tenggorokan selama beberapa detik sebelum dimuntahkan. Anda bisa melakukan hal ini beberapa kali dalam sehari sampai batuk Anda membaik.

Thyme

Thyme adalah rempah yang pada umumnya digunakan sebagai bumbu masakan. Tidak hanya sebagai bumbu masakan, thyme juga dapat digunakan sebagai obat umum untuk sakit tenggorokan, bronkitis, batuk, dan masalah pencernaan.

Anda dapat membuat teh thyme dengan cara menambahkan 2 sendok teh thyme kering ke dalam secangkir air panas. Sebelum disaring dan diminum, diamkan selama 10 menit, setelahnya barulah obat batuk berdahak alami siap digunakan.

Nanas

Nanas memiliki kandungan enzim yang disebut dengan bromelin yang mengandung anti-inflamasi dan antimukolitik. Inilah yang menjadikan nanas cocok dimanfaatkan sebagai obat batuk berdahak, sebab kedua sifat tersebut berfugsi untuk memecah lendir dan membuangnya dari tubuh.

Anda bisa mengonsumsi nanas langsung atau dijadikan jus, tetapi mungkin tidak cukup untuk mendapatkan bromelin yang banyak. Suplemen bromelin telah tersedia dan dapat menjadi obat batuk berdahak yang efektif.

Sebelum mengonsumsi suplemen tersebut, sebaiknya konsultasikanlah terlebih dulu kepada dokter karena beberapa orang memiliki alergi terhadap bromelin.

Demikianlah penjelasan tentang obat batuk berdahak alami yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di dapur atau pasar. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi