Waspada Kalap Makan, Ini Pentingnya Cek Gula Darah Setelah Lebaran

| 11 Apr 2024 09:32
Waspada Kalap Makan, Ini Pentingnya Cek Gula Darah Setelah Lebaran
Ilustrasi cek gula darah setelah lebaran (Freepik)

ERA.id - Lebaran Idulfitri tak hanya menjadi waktu buat kumpul keluarga, namun juga momen untuk memanjakan perut. Saat berkunjung ke rumah saudara atau tetangga, biasanya kita akan disuguhi berbagai makanan seperti opor, rendang, nastar, es buah, dan lainnya.

Banyak orang yang kemudian kalap makan saat lebaran. Sebagai ajang balas dendam setelah berpuasa selama sebulan, mulut mudah tergoda untuk melahap berbagai macam makanan. Padahal kebiasaan ini justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan. 

Makanan yang dihidangkan saat lebaran menyimpan kandungan yang berbeda-beda. Jika tidak membatasi atau pilih-pilih makanan, apa yang Anda konsumsi akan mempengaruhi kesehatan. Wajar jika banyak orang mengeluhkan gangguan kesehatan pasca lebaran. 

Itulah mengapa kita disarankan untuk mengecek kesehatan usai merayakan lebaran. Salah satunya adalah cek gula darah setelah lebaran. Selain itu, mungkin Anda juga perlu menjalani medical check up lainnya untuk memantau kondisi kesehatan Anda. 

Pentingnya periksa kesehatan setelah Lebaran

Momen lebaran juga menjadi ajang pesta makan-makan. Seringkali orang-orang makan berlebihan dan tidak memperhatikan apa dikonsumsi. Di balik itu, masalah kesehatan bisa mengintai akibat pola makan yang tidak dijaga. 

Kandungan berlebihan seperti santan, lemak, dan kolesterol pada makanan bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Demi menjaga kesehatan dan agar tidak mengalami masalah yang lebih parah, disarankan untuk melakukan beberapa cek kesehatan berikut ini setelah lebaran.

Ilustrasi menu makan saat lebaran (Freepik)

Cek gula darah setelah Lebaran

Salah satu medical check up yang penting dilakukan sesudah lebaran adalah cek gula darah. Sejumlah makanan yang disajikan saat lebaran mengandung kalori dan karbohidrat yang tinggi. Mengonsumsinya secara berlebihan akan membuat kadar gula dalam darah meningkat. 

Cek gula darah perlu dilakukan untuk melihat tingkat kadar gula darah dalam tubuh Anda. Pemeriksaan ini mengukur jumlah gula (glukosa) dalam darah yang berguna mendeteksi dan mengelola kondisi diabetes. Kebiasaan mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi bisa meningkatkan potensi diabetes. 

Demi menghindari risiko penyakit tersebut, sebaiknya batasi mengonsumsi makanan manis-manis dan berkalori tinggi saat lebaran. Misalnya dengan mengambil kue kering atau cemilan secukupnya saja. Meski terlihat menggoda lidah, selalu ingat untuk tidak menyantapnya secara berlebihan. 

Cek kolesterol setelah Lebaran

Beberapa makanan yang kerap ditemukan saat lebaran biasanya berbahan daging dan santan. Kedua bahan makanan ini menyimpan kolesterol jahat yang bisa memicu berbagai penyakit. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga melakukan cek kolesterol setelah lebaran. 

Hidangan khas Lebaran yang mengandung daging sapi dan santan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Anda perlu mewaspadai kondisi kolesterol tinggi karena bisa menyebabkan berbagai penyakit jantung dan pembuluh darah. 

Makan daging  atau kuah-kuah bersantan saat lebaran boleh-boleh saja, asalkan memperhatikan batasannya. Demi menghindari risiko berbagai penyakit, sebaiknya jangan rakus menyantap makanan seperti rendang, semur daging, gulai sapi, dan lainnya. Lakukan pemeriksaan kolesterol setelah lebaran untuk memantau kondisi kesehatan Anda. 

Cek asam urat pasca Lebaran

Cek asam urat juga menjadi salah satu medical check up yang tak boleh Anda lewatkan pasca lebaran. Mungkin saat lebaran Anda akan menemukan makanan seperti gorengan, daging bebek, daging olahan, jeroan, dan lainnya. Sejumlah makanan tersebut bisa menyebabkan asam urat naik. 

Demi menghindari risiko asam urat, sebaiknya hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Jika memang ingin mengonsumsinya, Anda perlu membatasinya atau jangan kemaruk. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya lakukan cek asam urat begitu kesibukan lebaran sudah kelar. 

Meskipun normalnya tidak menjadi masalah selama kadar asam urat berada dalam batas normal, namun pola makan yang buruk saat lebaran bisa memperparah gejalanya. Itulah mengapa penting untuk melakukan pemeriksaan agar tidak timbul gejala yang mengganggu. 

Demikianlah pentingnya cek gula darah setelah lebaran untuk memantau kadar gula dalam tubuh Anda. Selain itu, lakukan juga beberapa medical check up lainnya di atas demi berjaga-jaga untuk mencegah risiko masalah kesehatan. Baca juga rekomendasi sarapan untuk penderita diabetes.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi