Berapa Lama Kopi Masih Bisa Diminum dan Apa Risiko Minum Kopi Basi?

| 24 Feb 2024 06:36
Berapa Lama Kopi Masih Bisa Diminum dan Apa Risiko Minum Kopi Basi?
Berapa lama kopi masih bisa diminum (unsplash) (2)

ERA.id - Kopi merupakan minuman favorit banyak orang lantaran terkenal dengan aromanya yang memikat dan rasa yang membangkitkan semangat. Tapi, pernahkah Anda bertanya-tanya berapa lama kopi masih bisa diminum?

Apakah kopi yang didiamkan beberapa jam masih aman dikonsumsi? Artikel ini akan membahas tentang kesegaran dan keamanan kopi setelah diseduh, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Berapa Lama Kopi Masih Bisa Diminum

Banyak orang percaya bahwa kopi seduhan hanya segar selama 20-30 menit dalam cangkir terbuka, atau maksimal satu jam dalam wadah tertutup. Padahal, faktanya Anda masih bisa menikmati kopi meski sudah beberapa jam sejak diseduh.

Dilansir dari Healthline, berikut ini beberapa kriteria kopi yang aman untuk Anda konsumsi berdasarkan waktu dan tempat penyimpanan:

  1. Kopi hitam tanpa campuran

Kopi hitam di teko yang dibiarkan hangat di atas kompor, tanpa tambahan susu atau krim, umumnya akan aman dikonsumsi hingga 4 jam. Namun, kopi dengan susu sebaiknya dihabiskan dalam waktu 2 jam.

Meskipun demikian penelitian mengenai "masa kadaluarsa" kopi seduhan masih terbatas. Kebanyakan rekomendasi pembuangan kopi berasal dari pengalaman pribadi.

  1. Kopi Dingin di Kulkas

Menyimpan kopi seduhan dalam wadah tertutup di kulkas dapat memperpanjang masa "nikmatnya". Kopi biasanya aman dikonsumsi sampai 3-4 hari dengan metode penyimpanan ini, meski mungkin cita rasanya tidak lagi optimal.

  1. Kopi Susu

Jika Anda menambahkan susu atau krim ke kopi, pastikan untuk menghabiskannya dalam waktu 2 jam jika dibiarkan di suhu ruangan. Anda bisa menyimpannya di wadah tertutup dalam kulkas selama 1-2 hari, tetapi selalu periksa aroma dan tanda-tanda basi sebelum diminum, mengingat susu lebih mudah basi.

  1. Espresso

Sama seperti kopi seduhan, espresso sebaiknya dinikmati segera setelah dibuat untuk rasa terbaik. Meski dapat disimpan di suhu ruangan selama beberapa jam atau di kulkas dalam wadah tertutup selama beberapa hari, kualitas rasanya akan menurun seiring waktu.

Ingat, keamanan dan kenikmatan kopi bergantung pada penyimpanan dan penambahan bahan lainnya. Jadi, nikmati kopi Anda selagi segar dan selalu perhatikan faktor kebersihan untuk menghindarkan risiko.

Sebaiknya Minum Espresso Setelah Dibuat (unsplash)

Risiko Minum Kopi Basi atau Disimpan Tidak Tepat

Meskipun jarang menimbulkan keracunan makanan, kopi yang sudah basi atau disimpan tidak tepat sebaiknya tetap dihindari. Kopi yang dibuat dari biji atau bubuk kopi yang sudah lama memang tidak seenak kopi segar, tapi biasanya tidak berbahaya.

Namun, penting bagi Anda untuk selalu memeriksa tanda-tanda kebasian sebelum minum kopi. Beberapa tanda kopi sudah basi yang perlu diwaspadai adalah adanya jamur, perubahan warna, dan bau tidak sedap.

Perhatian khusus juga perlu diberikan pada kopi yang ditambahkan susu atau krimer. Susu tidak boleh dibiarkan berada di suhu ruangan lebih dari 2 jam untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Minum susu basi dapat meningkatkan risiko keracunan makanan.

Oleh karena itu, kopi dengan susu atau produk berbahan susu sebaiknya dihabiskan dalam waktu 2 jam. Buang sisa kopi setelah 2 jam jika tidak disimpan di kulkas.

Kesimpulannya, meskipun kopi basi umumnya tidak berbahaya bagi kesehatan, ada baiknya untuk selalu memperhatikan kesegaran dan kebersihan kopi yang Anda konsumsi. Hindari minum kopi yang sudah basi atau disimpan tidak tepat untuk keamanan dan kenikmatan optimal.

Selain berapa lama kopi masih bisa diminum, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi