Benarkah Susu Kental Manis Bisa Sebabkan Anemia? Begini Penjelasan Pakar

| 24 Feb 2024 10:15
Benarkah Susu Kental Manis Bisa Sebabkan Anemia? Begini Penjelasan Pakar
Susu kental manis (Pexel/Daniela Constantini)

ERA.id - Anemia merupakan penyakit yang berbahaya jika dialami perempuan, terutama bagi para calon ibu.

Penyakit kekurangan sel darah ini bisa mengakibatkan berbagai gangguan pada tumbuh kembang anak.

Dengan demikian, bagi penderita anemia yang sedang mengandung, penting untuk memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi setiap harinya.

"Masa sebelum menikah hingga masa hamil dan menyusui adalah periode kritis yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Kita harus memastikan asupan nutrisi selama periode ini optimal," kata Profesor dan dosen prodi kesehatan masyarakat Universitas Muhammadyah Jakarta, Tria Astika Endah Permatasari, dalam keterangan resmi.

Anemia berkaitan erat dengan pola konsumsi masyarakat yang mengutamakan pemilihan makanan karena kebiasaan dan rasa yang enak. Salah satunya adalah penggunaan susu kental manis sebagai minuman susu untuk anak.

Ketua DPN Bidang Kesehatan Perempuan dan Anak Repdem, Rusmarni Rusli, mengungkapkan bahwa kebiasaan memberikan susu kental manis sebagai minuman susu untuk anak kerap ditemui di keluarga ekonomi lemah.

“Di kawasan-kawasan padat penduduk, dan juga di desa-desa, susu biasanya jadi kebutuhan pokok yang diperoleh dengan membeli harian, mereka belanja di warung, dan pada umumnya susu yang tersedia di warung dan dalam bentuk sachet adalah kental manis," kata Rusmarni.

"Jadi sebagian alasan kenapa kental manis masih diberikan untuk minuman susu anak karena memang itulah yang tersedia di sekitar mereka, atau karena harganya yang ekonomis,” tambahnya.

Hal ini sangat memprihatikan karena susu kental manis merupakan jenis susu dengan kandungan gula yang tinggi, yang biasa digunakan untuk menambah cita rasa makanan. Kadar gula tinggil ini tidak memberikan manfaat gizi yang signifikan, malah memberikan efek buruk bagi tubuh.

Anak-anak yang mengonsumsi susu kental manis secara rutin juga berpotensi kekurangan vitamin dan mineral esensial yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Terutama pada remaja putri dan perempuan usia produktif, hal ini dapat meimbulkan anemia.

Tak hanya itu, konsumsi gula yang berlebihan dapat mengganggu keseimbangan gula darah, menyebabkan penambahan berat badan yang tidak sehat, meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Rekomendasi