Apa Itu Susu Evaporasi? Simak Penjelasan dan Manfaatnya

| 14 Jan 2023 18:05
Apa Itu Susu Evaporasi? Simak Penjelasan dan Manfaatnya
Ilustrasi Susu Evaporasi (Foto: Pixabay)

ERA.id - Masih banyak orang yang menganggap krimer kental manis sebagai susu. Padahal, kandungan di dalamnya tidak mengandung susu sama sekali. Sekilas, krimer kental manis terlihat sama dengan susu evaporasi, tapi sebenarnya kedua hal tersebut memiliki perbedaan. Lantas, apa itu susu evaporasi?

Apa Itu Susu Evaporasi?

Susu evaporasi atau susu evaporated terbuat dari susu sapi tanpa tambahan gula. Susu evaporasi bertekstur sedikit kental yang biasanya dijual dalam kaleng.  Cara pembuatannya dilakukan dengan memanaskan susu sampai kadar air di dalamnya berkurang 60% sehingga kandungan air dalam susu berkurang dan teksturnya berubah lebih kental. Proses karamelisasi ini menjadikan warna susu evaporasi tidak terlalu putih sehingga cenderung kekuningan. Dengan konsentrasi ini, susu evaporasi cenderung lebih tahan lama dan tidak mudah basi.

Ilustrasi susu kental manis (Foto: Pixabay)

Susu evaporasi memiliki rasa seperti susu segar biasa, tetapi konsistensinya berbeda. Susu evaporasi cenderung lebih kental dan tidak terlalu encer. Proses pemanasan susu evaporasi dalam kaleng memberikan rasa yang sedikit manis. Susu evaporasi dapat digunakan sebagai pengganti susu atau krim pada beberapa resep kue dan untuk campuran kopi seperti di beberapa negara.

Susu evaporasi sering ditemukan pada beberapa resep makanan penutup atau menjadi bahan pengganti susu segar. Susu evaporasi dapat digunakan langsung dari kaleng atau diencerkan terlebih dahulu agar menyerupai susu segar. Penambahan susu evaporasi dalam minuman berfungsi untuk menambahkan lebih banyak tekstur lembut dengan lebih sedikit lemak dibandingkan krim.

Susu evaporasi sekilas mirip susu kental manis, adapun perbedaannya sebagai berikut:

  • Susu evaporasi dibuat tanpa pemanis buatan sehingga tidak dapat menambah rasa manis pada makanan atau minuman. Susu evaporasi memiliki kandungan lemak lebih rendah dan biasanya ditambahkan pada hidangan gurih atau bertekstur lembut. Misalnya untuk membuat krimer kopi, bahan membuat es krim, tambahan pasta, puding, atau sup.
  • Kental manis dibuat dengan proses sama seperti susu evaporasi namun rasanya manis karena ada tambahan gula. Kental manis biasanya digunakan untuk menambah rasa manis pada kue, minuman, atau hidangan dessert lainnya.

Manfaat Susu Evaporasi

Susu evaporasi mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, magnesium dan zink yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya:

  • Kadar kalsium yang cukup tinggi bagus untuk memelihara kesehatan tulang.
  • Kandungan protein dan kalori tinggi dapat menjadi sumber energi.
  • Kandungan protein berperan menjaga fungsi sel dalam tubuh dan otot.
  • Jumlah kalori yang tinggi dapat membantu meningkatkan berat badan.

Cara Memilih Susu Evaporasi Terbaik

Perhatikan cara memilih susu evaporasi sebelum membelinya. Adapun beberaoa cara yang dapat diperhatikan adalah:

  • Perhatikan kondisi kemasan susu, pastikan masih tampak bagus dan tidak cacat.
  • Perhatikan tanggal kedaluwarsa susu, pastikan masih aman untuk dikonsumsi.
  • Lihat tabel kandungan gizi susu tersebut, pastikan susu tersebut mengandung nutrisi baik untuk tubuh dan tidak menimbulkan alergi.
  • Sesuaikan dengan kebutuhan, baik dari segi ukuran dan harga.

Selain membeli dengan merek tertentu, susu evaporasi juga dapat dibuat sendiri. Cukup siapkan dan panaskan susu segar biasa dan didihkan perlahan hingga menyusut.

Susu evaporasi kalengan dapat disimpan setidaknya selama satu tahun, tetapi jangan lupa untuk tetap memeriksa tanggal penggunaan yang tercetak pada kaleng. Jangan pilih susu evaporasi dalam kaleng yang berkarat, penyok, atau terlihat menonjol. Akan lebih baik jika setelah kaleng susu evaporasi dibuka, tuangkan sisa susu evaporasi ke dalam wadah kedap udara dan tetap simpan di lemari es. Susu evaporasi yang sudah dibuka bisa bertahan dengan baik selama lima hari.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi