Suplemen untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat, Simak Daftarnya di Sini

| 01 Mar 2024 22:04
Suplemen untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat, Simak Daftarnya di Sini
Ilustrasi (Unsplash/speckfechta)

ERA.id - Kulit yang tepat sehat dan terlihat awet muda merupakan keinginan banyak orang sebagai salah satu alasan untuk menambah tingkat percaya diri. Khususnya pada wanita, kulit awet muda akan membuatnya tetap menarik walaupun usianya sudah tidak muda. Adapun salah satu cara untuk membuat kulit awet muda yaitu dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Lantas apa saja suplemen untuk menjaga kulit tetap sehat? Simak ulasan di bawah ini.

Suplemen untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat

Melansir berbagai sumber, di bawah ini adalah sejumlah suplemen terbaik yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kulit tetap sehat:

Kolagen

Mengutip EatThis, kolagen merupakan salah satu suplemen yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kulit terlihat awet muda. Suplemen kolagen ini bisa ditemukan dalam bentuk bubuk dan cair yang mudah dimasukkan ke dalam pola makan seseorang.

Kolagen juga merupakan protein paling melimpah yang terkadung dalam tubuh. Namun seiring pertambahan usia, produksi di tubuh semakin sedikit. Oleh sebab itu, suplemen kesehatan diyakini dapat mendukung jumlah kolagen di tubuh agar tetap terjaga. Kolagen ini akan membuat jaringan ikat semakin kuat, termasuk tulang, kulit, dan tendon.

Resveratrol

Resveratrol juga menjadi salah satu antioksidan tambahan yang dapat mendukung kulit agar tetap terlihat sehat dan awet muda.

Senyawa ini juga mempunyai sifat antiinflamasi yang mencegah kulit dari peradangan. Jika tidak segera ditangani, peradangan akan menimbulkan kerutan atau bekas luka di kulit.

Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya sebagai sumber antioksidan. Peran antioksidan yaitu mendukung kesehatan sel termasuk di kulit, serta merangsang produksi kolagen yang ada di dalam tubuh. Sebuah penelitian menyimpulkan, suplementasi vitamin C bisa meningkatkan hidrasi kulit agar tidak menjadi kering dan timbul kerutan.

Ilustrasi suplemen untuk menjaga kulit tetap sehat (Mateusz Feliksik/Unsplash)

Omega-3

Selama puluhan tahun, lemak esensial omega-3 telah menjadi suplemen populer karena manfaat yang diberikan untuk kesehatan. Omega-3 yang banyak ditemukan dalam beberapa jenis ikan ini dapat membuat kulit terlihat sehat dan awet muda. Mengonsumsi lemak omega-3 dapat membantu kulit menjadi kenyal dan lebih bercahaya. Selain itu, sebuah penelitian mengatakan bahwa omega-3 juga dapat membuat nyeri sendi yang banyak terjadi pada orang lanjut usia menjadi ringan.

Koenzim Q10

Koenzim Q10 atau CoQ10 adalah antioksidan yang diproduksi oleh tubuh, zat ini berperan penting untuk melindungi sel dari kerusakan. Sementara, seiring bertambahnya usia, kadar CoQ10 tersebut semakin menurun. Sehingga melengkapinya dengan mengonsumsi suplemen dapat membantu sel tetap terlindung. Suplemen CoQ10 ini bekerja dengan mengurangi stres oksidatif, sebuah kondisi yang ditandai dengan akumulasi radikal bebas yang mempercepat proses penuaan dan timbulnya penyakit karena usia.

Kurkumin

Senyawa aktif utama yang terkandung di dalam kunyit yang bernama kurkumin bisa ditemukan dalam bentuk suplemen kesehatan. Kurkumin tersebut terbukti memiliki sifat antioksidan yang kuat, sehingga dapat melindungi sel-sel tubuh dari stres oksidatif. Dari sebuah studi, kurkumin dapat mengaktifkan protein tertentu yang membantu menunda proses penuaan sel dan membuat seseorang berumur panjang.

Ekstrak teh hijau

Ekstrak teh hijau diyakini mengandung senyawa bermanfaat yang bernama epigallocationchin gallate (EGCG). Sebuah studi menyimpulkan, EGCG tersebut mampu memperbaiki hiperpigmentasi kulit yang sering terlihat karena bertambahnya usia. Dilansir dari HealthLine, senyawa ini dapat bekerja dengan memperbaiki fungsi mitokondria dalam sel dan bekerja pada sistem yang terlibat dalam proses penuaan.

EGCG juga dapat menginduksi autophagy, proses ketika tubuh seseorang membuang materi seluler yang rusak. Selain itu, sebuah ulasan mengatakan bahwa asupan teh hijau setiap hari dapat menekan penuaan otak dengan membuat sel-sel saraf aktif dan mengurangi stres.

Demikianlah ulasan tentang suplemen untuk menjaga kulit tetap sehat dan awet muda. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi