Menjalani Ibadah Puasa Sekaligus Menurunkan Berat Badan? Begini Caranya

| 05 Mar 2024 15:10
Menjalani Ibadah Puasa Sekaligus Menurunkan Berat Badan? Begini Caranya
Ilustrasi puasa sekaligus menurunkan berat badan (Unsplash)

ERA.id - Bulan puasa dapat dijadikan momen untuk sekaligus menurunkan berat badan. Semua itu bisa kita atur melalui pola makan yang tepat.

Dokter spesialis gizi klinik, Dr. dr. Gaga Irawan Nugraha, M. Gizi., Sp.GK(K) memberikan sejumlah tips agar saat puasa nanti, kita juga bisa sekaligus menurunkan berat badan. Menurut dokter Gaga, salah satu cara yang tepat adalah dengan disiplin mengatur pola nutrisi dan olahraga.

"Pertama, berbukalah dengan buah berair. Makan buah berair sebagai pembuka, lalu minum air dulu, salat Maghrib dulu, baru makan nasi lengkap," kata Gaga saat ditemui usai menjadi pembicara dalam sebuah diskusi Hari Obesitas Sedunia di Jakarta, seperti dikutip Antara

Kemudian, pastikan setiap makanan berat yang disantap itu mengandung bermacam lauk bernutrisi. Langkah ini bertujuan untuk mencegah kita merasa lemas saat berpuasa. 

Saran dokter Gaga, hidangan nasi misalnya yang kita santap setelah tarawih. Lebih baik lengkapi nutrisinya dengan protein hewani, nabati, hingga sayuran. 

Setelah itu hindari konsumsi apapun lagi sampai waktu sahur tiba. Cara ini bertujuan untuk memangkas asupan kalori yang kita konsumsi sehari-hari. 

"Begitu sahur, makan nasi lengkap lagi. Setelah itu buah yang berair lagi. Setelah itu boleh tambahan lain misalnya susu, boleh, madu satu sendok juga boleh untuk cadangan fruktosa yang disuplai sebagai glikogen di otot, itu menjaga agar puasa kita tetap segar," pungkas dokter Gaga.

Wakil Ketua Himpunan Studi Obesitas Indonesia (HISOBI) itu pun mengimbau jangan lupa mencukupi kebutuhan air ketika sahur. Gaga mengingatkan untuk mengonsumsi air putih tidak kurang dari dua liter setelah berpuasa.

Supaya asupan air terjaga selama bulan Ramadhan, disarankan minum tiga sampai empat gelas saat sahur sampai imsak. Kemudian dari waktu berbuka sampai sebelum tidur malam, minumlah empat sampai lima gelas air putih.

"Jadi, total delapan sampai 10 gelas, berarti sekitar dua liter," kata Gaga.

Lebih lanjut, supaya tubuh tidak mudah lemas selama berpuasa, dia juga menyarankan mengonsumsi buah saat berbuka dan sahur, sekitar 2-3 ons buah yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur antara dua sampai tiga ons atau sekitar satu apel atau jeruk ukuran besar.

Rekomendasi