Sambut Ramadhan, Inilah 5 Buah-buahan Sehat yang Cocok Dijadikan Menu Buka Puasa

| 30 Mar 2022 08:00
Sambut Ramadhan, Inilah 5 Buah-buahan Sehat yang Cocok Dijadikan Menu Buka Puasa
Buah (Foto: Pexels/Ian Turnell)

ERA.id - Sebentar lagi, umat Muslim akan melakukan ibadah puasa. Makanan dan minuman untuk berbuka puasa selalu dinantikan ketika bulan Ramadhan. Namun, berpuasa juga rentan mengalami dehidrasi, terlebih jika beraktivitas ditengah cuaca panas.

Maka dari itu, sebaiknya kamu mengonsumsi sejumlah buah agar tubuh tetap sehat selama puasa. Dilansir dari Healthschots, inilah 5 buah-buahan sehat yang cocok untuk menu buka puasa.

1. Ceri

Ceri (Foto: Pexels/Polina Tankilevitch)
Ceri (Foto: Pexels/Polina Tankilevitch)

Mengkonsumsi buah ceri dapat menangkal penyakit pada pencernaan, karena kandungan serat yang tinggi. Selain itu, buah ceri juga mengandung banyak mineral dan juga vitamin esensial.

2. Leci

Leci dikenal sebagai buah yang menangkal kadar gula. Mengkonsumsi buah ini, dapat mencegah penyakit kanker sekaligus mengatasi sembelit. Selain itu, leci juga bisa menurunkan berat badan.

3. Anggur

Anggur (Foto: Pexels/Jill Wellington)
Anggur (Foto: Pexels/Jill Wellington)

Buah anggur ini bisa ditemukan di supermarket. Ada banyak warna anggur yang bisa dikonsumsi, yakni anggur merah maupun anggur hijau. Kandungan buah ini dapat menangkal penyakit kanker, sekaligus melawan penuaan dini. Jika ingin di jus, kamu bisa mengkonsumsinya di rumah.

4. Mangga

Seperti yang diketahui, mangga bisa dijadikan jus maupun dimakan langsung. Selain itu, buah ini juga dapat menjaga kesehatan rambut dan juga kulit. Kadar serat pektin yang tinggi pada buah mangga juga dapat mengatur kolestrol tubuh.

5. Pisang

Pisang (Foto: Pexels/Juan Salamanca)
Pisang (Foto: Pexels/Juan Salamanca)

Pisang diyakini memiliki presentase gula yang tinggi dibanding buah lainnya. Karena itu, mengkonsumsi buah ini dapat menjadi asupan diet untuk menurunkan berat badan.

Rekomendasi