Cara Menjaga Kesehatan Ginjal dengan Beberapa Kebiasaan Ini

| 20 Oct 2022 17:06
Cara Menjaga Kesehatan Ginjal dengan Beberapa Kebiasaan Ini
Ilustrasi ginjal manusia (Unsplash)

ERA.idGinjal Anda adalah organ seukuran kepalan tangan yang terletak di bagian bawah tulang rusuk Anda. Terdapat beberapa cara menjaga ginjal tetap sehat agar mereka dapat melakukan fungsi sebagaimana mestinya. Apa saja?

Perlu diketahui, tugas ginjal adalah menyaring limbah, kelebihan air, dan kotoran lain dari darah Anda. Limbah dalam tubuh akan disimpan di kandung kemih Anda dan kemudian dikeluarkan melalui urin.

Selain itu, tugas ginjal Anda mengatur kadar pH, garam, dan kalium dalam tubuh Anda. Mereka juga menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah.

Ginjal Anda juga bertanggung jawab untuk mengaktifkan bentuk vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium untuk membangun tulang dan mengatur fungsi otot.

Menjaga kesehatan ginjal penting untuk kesehatan, agar tubuh Anda dapat menyaring dan membuang limbah dengan baik dan menghasilkan hormon untuk membantu tubuh berfungsi dengan baik.

Berikut adalah Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

  1. Tetap aktif dan bugar

    Olahraga kardio seperti bersepeda bagus untuk kesehatan ginjal (unsplash)

Olahraga teratur baik untuk lebih dari sekadar menjaga lingkar pinggang Anda. Selain itu, olahraga dapat menurunkan risiko penyakit ginjal kronis, mengurangi tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Anda tidak harus berlari maraton untuk menuai hasil dari olahraga. Cukup dengan berjalan, berlari, bersepeda, dan bahkan menari sangat bagus untuk kesehatan Anda. Selain itu, temukan aktivitas yang membuat Anda sibuk dan bersenang-senang agar Anda dapat mendapatkan hasil yang bagus.

  1. Kendalikan gula darah Anda

Orang dengan diabetes, atau kondisi yang menyebabkan gula darah tinggi dapat mengalami kerusakan ginjal. Ketika sel-sel tubuh Anda tidak dapat menggunakan glukosa (gula) dalam darah Anda, ginjal Anda dipaksa bekerja ekstra keras untuk menyaring darah Anda.

Namun, jika Anda dapat mengontrol gula darah Anda maka akan mengurangi resiko kerusakan ginjal. Namun jika kerusakan diketahui lebih awal, dokter Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi atau mencegah kerusakan tambahan.

  1. Pantau tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal, hingga masalah kesehatan lain seperti diabetes, penyakit komplikasi, jantung, atau kolesterol tinggi. Jaga tekanan darah pada kisaran 120/80, dan prehipertensi berada di antara 139/89.

Perubahan gaya hidup dan pola makan dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda pada saat ini. Namun jika pembacaan tekanan darah Anda secara konsisten di atas 140/90, Anda mungkin memiliki tekanan darah tinggi.

Jika tekanan darah Anda selalu tinggi, maka bicaralah dengan dokter secara teratur, hingga memulai membuat perubahan gaya hidup dan mungkin minum obat.

  1. Pantau berat badan dan makan makanan yang sehat

    Jaga pola makan Anda agar ginjal tetap sehat (Unsplash)

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas berisiko mengalami sejumlah kondisi kesehatan yang dapat merusak ginjal termasuk diabetes, penyakit jantung, dan penyakit ginjal.

Diet sehat yang rendah sodium, daging olahan, dan makanan lain yang merusak ginjal dapat membantu mengurangi risiko kerusakan. Cobalah fokus pada makan bahan-bahan segar yang secara alami rendah sodium, seperti kembang kol, blueberry, ikan, biji-bijian, dan banyak lagi.

  1. Minum banyak cairan

Asupan air yang teratur dan konsisten sehat untuk ginjal Anda karena air dapat membantu membersihkan natrium dan racun dari ginjal Anda. Minum banyak air juga menurunkan risiko penyakit ginjal kronis.

Usahakan minum setidaknya 1,5 hingga 2 liter dalam sehari. Berapa banyak air yang Anda butuhkan sangat tergantung pada kesehatan dan gaya hidup Anda. Faktor-faktor seperti iklim, olahraga, jenis kelamin, kesehatan secara keseluruhan, dan apakah Anda sedang hamil atau menyusui penting untuk dipertimbangkan saat merencanakan asupan air harian Anda.

Perlu diketahui, orang yang sebelumnya memiliki batu ginjal harus minum lebih banyak air untuk membantu mencegah timbunan batu di masa depan.

Selain cara menjaga kesehatan ginjal, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi