Minuman untuk Penderita Batu Ginjal yang Dapat Meredakan Gejala Tanpa Operasi

| 12 May 2024 06:00
Minuman untuk Penderita Batu Ginjal yang Dapat Meredakan Gejala Tanpa Operasi
Minuman untuk penderita batu ginjal (unsplash)

ERA.id - Batu ginjal dapat menjadi momok bagi banyak orang. Tidak harus operasi, salah satu kunci utama dalam menaklukkan batu ginjal adalah dengan hidrasi yang tepat. Lantas apa saja minuman untuk penderita batu ginjal?

Hidrasi membuat urine encer atau tidak pekat. Ketika urine encer, maka kesempatan produk sisa metabolisme akan bergabung dan membuat terbentuknya batu ginjal berkurang. 

Beberapa minuman dapat membuat Anda terhidrasi dan menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal baru. Artikel ini akan mengupas tuntas minuman-minuman penyelamat ginjal yang dapat membantu mencegah dan mengatasi batu ginjal.

Minuman untuk Penderita Batu Ginjal

Dilansir dari laman GoodRX Health, berikut adalah lima minuman yang dapat membantu mengatasi batu ginjal:

1. Air Putih

Minum banyak air adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah batu ginjal. Para ahli menyarankan orang dengan riwayat batu ginjal untuk minum air putih yang cukup untuk menghasilkan minimal 2 liter urine setiap hari.

Berapa banyak air yang perlu Anda minum untuk menghasilkan urine sebanyak itu tergantung pada faktor-faktor seperti berat badan, lingkungan, dan tingkat aktivitas Anda.

Maka semakin banyak urine yang Anda buat, semakin kecil kemungkinan sisa-sisa dalam urine akan menumpuk menjadi batu ginjal.

2. Jus lemon

Lemon secara alami tinggi kandungan sitrat. Sitrat adalah zat alami yang membuat urine kurang asam. Memiliki urine yang tidak terlalu asam menurunkan risiko Anda terkena batu oksalat kalsium (jenis batu ginjal yang paling umum). 

Satu penelitian menemukan bahwa minum 60 ml jus lemon dua kali sehari dapat mencegah batu ginjal.  Untuk itu, cobalah menambahkan perasan lemon segar ke dalam air Anda untuk mendapatkan manfaat sitrat.

Manfaat lemon untuk batu ginjal (unsplash)

3. Jus jeruk

Jus jeruk juga tinggi kandungan sitrat, dan tampaknya memiliki efek yang lebih besar pada tingkat keasaman urine.  Salah satu penelitian menemukan bahwa jus jeruk bahkan lebih baik dalam mencegah batu ginjal daripada jus lemon.

Maka cobalah segelas jus jeruk segar setiap pagi. Jika Anda memilih untuk minum jus jeruk kemasan, pilih jus yang tidak banyak mengandung gula tambahan. Perlu diketahui, gula tambahan dapat meningkatkan risiko Anda terkena batu ginjal.

4. Kopi

Menurut penelitian, kopi menurunkan risiko terkena batu ginjal. Namun belum jelas mengapa kopi menurunkan risiko pembentukan batu, tetapi mungkin ada hubungannya dengan kandungan kafein alami kopi.

Dalam satu studi besar, orang yang minum lebih banyak kafein lebih kecil kemungkinannya membentuk batu ginjal. Tetapi kafein bukan satu-satunya alasan kopi dapat membantu mencegah batu ginjal.

Meskipun belum terbukti secara medis, tidak ada salahnya untuk enambahkan secangkir kopi ke rutinitas harian Anda.

5. Teh hijau

Banyak orang minum teh hijau karena manfaatnya bagi kesehatan. Namun sudah banyak bukti ilmiah yang menyimpulkan bahwa teh, terutama teh hijau, dapat membantu melindungi dari batu ginjal.

Selain menjadi sumber hidrasi dan kafein yang baik, teh hijau mengandung sejenis senyawa yang disebut katekin. Katekin adalah antioksidan yang mempersulit kalsium untuk mengkristal dan membentuk batu ginjal.

Selain minuman untuk penderita batu ginjal, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi