Iko Uwais Makan Sahur Pakai Mentimun Rebus, Ini Khasiatnya

| 19 Mar 2024 11:45
Iko Uwais Makan Sahur Pakai Mentimun Rebus, Ini Khasiatnya
Iko Uwais (Foto: Instagram/@iko.uwais)

ERA.id - Para artis membagikan momen sahur dengan menyantap makanan beragam, termasuk Iko Uwais. Bukan lauk pauk lengkap dengan nasi, suami Audy Item ini justru santap sahur dengan mentimun rebus.

Dilansir dari unggahan akun Instagram @lambeturahsulut_official, video memperlihatkan Iko Uwais duduk dan memegang piring berisi potongan mentimun. Selama ini, bintang film The Raid ini dikenal gemar menyantap mentimun.

"Funfact about Iko Uwais, kalau sahur sukanya makan timun rebus. Timun direbus doang, suka dia," ujar Audy Item.

Dalam video itu, Iko Uwais menyantap mentimun yang hanya direbus, tanpa diberi bumbu apapun. Iko mengaku menyantap mentimun membuat perutnya terasa adem dan nyaman selama menjalankan puasa.

"Biar perut adem, nggak panas, nggak lapar, dan sehat dong," ucap Iko Uwais.

Mentimun adalah jenis sayuran buah yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia pada keseharianya. Mentimun sangat menyegarkan lantaran terdapat kandungan air cukup tinggi. Berikut manfaat atau khasiat mengonsumsi mentimun, seperti dilansir dari laman Health.com.

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Mentimun mengandung vitamin K yang merupakan kunci kesehatan tulang. Satu buah mentimun yang masih dikupas menyediakan lebih dari 41 persen dari target harian vitamin K yang direkomendasikan. Nutrisi ini diperlukan untuk pembentukan tulang. Selain itu, kekurangan asupan dapat membahayakan kesehatan tulang. Kadar vitamin K yang rendah dikaitkan dengan osteoporosis dan peningkatan risiko patah tulang.

2. Menjaga kesehatan jantung

Mentimun mengandung puluhan antioksidan, termasuk flavonoid. Flavonoid membantu melindungi terhadap penyakit jantung. Itu karena sifat antioksidannya membantu menurunkan kolesterol LDL, yaitu kolesterol jahat meningkatkan risiko seseorang terkena stroke atau penyakit jantung.

3. Mencukupi cairan tubuh

Satu mentimun berukuran sedang mengandung 287 gram cairan—sekitar 10 ons air. Menambahkan irisan mentimun ke dalam air adalah salah satu cara untuk menambah rasa, yang dapat membantu meningkatkan asupan air lebih banyak lagi.

4. Mencegah obesitas

Mentimun menawarkan karakteristik yang mendorong penurunan berat badan. Mentimun rendah kalori, tetapi mengandung serat dan cairan yang mengenyangkan.

5. Mengurangi risiko kanker

Mentimun mengandung zat alami yang disebut lignan, seperti biji rami dan wijen, kangkung, brokoli, kubis, stroberi, aprikot, dan makanan nabati lainnya. Lignan memiliki sifat perlindungan terhadap kanker payudara kolorektal dan pascamenopause.

6. Dapat menenangkan kulit

Mentimun mengandung air, vitamin C, dan vitamin A. Kombinasi ini memicu efek menenangkan pada kulit dan mengurangi iritasi dan pembengkakan kulit. Karena alasan ini, mentimun telah lama digunakan secara topikal sebagai obat rumahan untuk mengatasi jerawat dan sengatan matahari.

Rekomendasi