Vitamin untuk Penderita Asam Lambung yang Dapat Meringankan Gejala

| 29 Mar 2024 07:08
Vitamin untuk Penderita Asam Lambung yang Dapat Meringankan Gejala
Vitamin untuk penderita asam lambung (unsplash)

ERA.id - Bagi Anda penderita asam lambung, penting untuk tetap menjaga kesehatan dengan memenuhi kebutuhan vitamin. Namun, tidak semua vitamin aman bagi penderita asam lambung. Apa saja vitamin untuk penderita asam lambung?

Artikel ini akan membahas vitamin-vitamin yang baik dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung, serta bagaimana vitamin tersebut dapat membantu meringankan gejala dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Vitamin untuk Penderita Asam Lambung

Asam lambung naik atau dalam medis disebut gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi yang sering kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Dilansir dari Zaya Care, berikut ini beberapa rekomendasi suplemen dan vitamin untuk asam lambung:

  1. Betaine HCL dengan Pepsin

Salah satu penyebab mulas dan refluks asam adalah rendahnya asam lambung atau asam hidroklorida. Dalam kasus ini, mengonsumsi betaine hidroklorida (HCL) akan bermanfaat.

Namun bagi sebagian orang, mengkonsumsi Betaine HCL dapat meningkatkan asam lambung untuk sementara.

Sementara itu, pepsin adalah enzim pencernaan yang memecah protein. Sebuah studi pada tahun 2017 menemukan bahwa orang dengan gangguan pencernaan yang mengkonsumsi pepsin bersama dengan asam amino (hidroklorida) dapat meredakan gejala.

Suplemen Betaine HCL sering dibuat dengan tambahan pepsin. Kombinasi ini dapat meningkatkan keasaman lambung dan melancarkan pencernaan.

  1. Vitamin B

Vitamin B sangat penting untuk berbagai fungsi dalam tubuh, seperti membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Orang-orang  sering mengonsumsi vitamin B untuk menjaga metabolisme yang sehat dan meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

vitamin B dapat menurunkan risiko esofagitis refluks (unsplash)

Penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan folat dan vitamin B dapat menurunkan risiko esofagitis refluks, yaitu peradangan pada kerongkongan yang disebabkan oleh GERD.

Studi lain menemukan bahwa mengkonsumsi suplemen makanan yang mengandung vitamin B mungkin menjadi alternatif yang baik untuk obat mulas.

  1. Iberogast

Iberogast adalah produk herbal yang memiliki sejarah panjang dalam penggunaannya.  Iberogast mengandung sembilan ekstrak tanaman yang berbeda seperti chamomile, lemon balm, peppermint, milk thistle, dan licorice yang terbukti membantu mengatasi mulas, mual, dan sakit perut.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa Iberogast ditoleransi dengan baik oleh kebanyakan orang dan dapat secara aman dan efektif mengurangi gangguan pencernaan dan sakit perut. Karena keefektifannya, beberapa orang lebih memilih Iberogast sebagai alternatif alami untuk obat GERD.

  1. Alginat

Alginat adalah senyawa alami yang ditemukan dalam rumput laut coklat. Bentuk umum suplemen alginat adalah natrium alginat.

Secara tradisional, alginat telah digunakan untuk penyembuhan luka. Namun penelitian terbaru mengungkapkan manfaat alginat terhadap gejala GERD (Gastroesophageal Reflux Disease - Penyakit Refluks Gastroesofagus).

Alginat meredakan gejala refluks asam dengan cara yang unik, yaitu ketika mencapai lambung akan berubah menjadi gel di bagian atas lambung yang dapat membantu menghalangi isi lambung naik ke kerongkongan.

Penelitian pada tahun 2017 menyimpulkan bahwa suplementasi dengan alginat dapat menjadi pilihan pengobatan yang lebih efektif untuk gejala GERD dibandingkan antasida.

  1. Melatonin

Melatonin adalah hormon dalam tubuh Anda yang membantu mengatur siklus tidur-bangun. Mengkonsumsi suplemen melatonin umumnya digunakan untuk membantu meningkatkan kualitas tidur.

Namun baru-baru ini, melatonin juga telah diteliti potensinya dalam mengobati refluks asam. Sebuah penelitian tahun 2014 mengungkapkan bahwa melatonin melindungi lapisan esofagus.

Pada sebuah studi kecil juga menemukan bahwa melatonin, dikombinasikan dengan obat mulas, mempercepat perbaikan klinis pada gejala GERD. Meskipun penelitian tentang melatonin tampaknya menjanjikan untuk mulas dan refluks asam, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan keefektifannya.

Selain vitamin untuk penderita asam lambung, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi