Camilan untuk Penderita Asam Lambung yang Direkomendasikan

| 19 Nov 2023 06:00
Camilan untuk Penderita Asam Lambung yang Direkomendasikan
Ilustrasi asam lambung kambuh (Freepik/Jcomp)

ERA.id - Penyakit asam lambung tentunya dapat menyerang siapa pun, tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Asam lambung merupakan kondisi yang sangat umum terjadi dan banyak orang yang mengalami. Penyakit ini ditandai dengan suatu kondisi dimana asam lambung naik menuju esofagus atau kerongkongan yang dapat menimbulkan sensasi panas di dada. Oleh karena itu, penting bagi penderita asam lambung untuk memilih makanan dan minuman. Lantas apa saja camilan untuk penderita asam lambung?

Agar asam lambung dapat dihindari, penderita asam lambung tidak disarankan mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak. Dengan demikian, sangat dianjurkan mengonsumsi camilan atau snack dalam jumlah yang sedikit untuk mencegah asam lambung. Namun, penting bagi kita untuk memperhatikan camilan apa yang akan dipilih untuk dikonsumsi. Sebab, pemilihan camilan yang tepat untuk penderita asam lambung dapat membantu kesehatan kembali membaik ketika asam lambung kambuh.

Camilan untuk Penderita Asam Lambung

Di bawah ini adalah beberapa pilihan camilan untuk penderita asam lambung yang disarankan:

Buah

Buah menjadi salah satu pilihan camilan yang baik untuk penderita asam lambung. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa penderita asam lambung harus menghindari buah yang mempunyai rasa asam. Dengan demikian, jenis buah yang rendah asam dapat menjadi pilihan yang baik untuk dijadikan camilan penderita asam lambung. Beberapa jenis buah tersebut misalnya pisang, alpukat, dan apel merah.

Ilustrasi pisang (Unsplash/Giorgio Trovato)

Oatmeal

Kandungan serat pada oatmeal cukup efektif untuk mencegah asam lambung yang naik. Sehingga, ketika menderita asam lambung, oatmeal sangat baik untuk dijadikan camilan sehat. Untuk mendapatkan rasa dan tampilan yang lebih variatif, oatmeal dapat dihidangkan dengan tambahan buah. Namun, jangan pilih buah yang mempunyai rasa asam.

Ilustrasi oatmeal (Margarita Zueva/Unsplash)

Kacang almond

Kandungan alkali yang cukup tinggi dalam kacang almond sangat bermanfaat untuk menurunkan gejala asam lambung. Selain itu, kacang almond juga memiliki kandungan serat yang berfungsi untuk meringankan gejala asam lambung yang dialami.

Jahe

Sifat antiinflamasi yang terkandung jahe dapat membantu menangani gangguan pencernaan yang dialami. Jahe bisa Anda konsumsi dalam bentuk minuman atau bisa juga dengan cara menambahkan jahe ke dalam makanan yang dikonsumsi.

Sayuran hijau

Sayuran hijau juga dapat dijadikan pilihan sebagai camilan sehat untuk penderita asam lambung. Sayuran hijau yang dapat dipilih misalnya kale atau brokoli, yang dapat dikukus atau dijadikan kedua jenis sayuran hijau sebagai salad sayur.

Yoghurt

Probiotik yang ada dalam kandungan yoghurt dapat membantu meringankan gejala asam lambung naik, dan juga meningkatkan imun tubuh agar kesehatan tubuh menjadi lebih prima. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda dapat memilih jenis yoghurt plain atau tanpa tambahan gula dan perasa.

Beberapa makanan tersebut dianggap baik untuk dijadikan camilan oleh penderita asam lambung. Sebab, penderita asam lambung direkomendasikan untuk makan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Oleh sebab itu, camilan yang sehat untuk penderita asam lambung di atas sudah dinilai baik untuk menjaga kestabilan kesehatan penderita asam lambung.

Demikianlah ulasan tentang camilan untuk penderita asam lambung, semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi