Mengenal One-stop-care, Layanan Lengkap untuk Atasi Pembesaran Prostat Jinak

| 28 Mar 2024 22:30
Mengenal One-stop-care, Layanan Lengkap untuk Atasi Pembesaran Prostat Jinak
Media briefing RS Abdi Waluyo (Era.ID/Yesica Sitinjak)

ERA.id - Terapi pembesaran prostat jinak (Benign Prostate Hyperplasia) secara lengkap telah hadir di Indonesia, tepatnya di RS Abdi Waluyo Jakarta.

Rumah sakit ini menghadirkan layanan one-stop-care, untuk atasi pembesaran prostat jinak dengan berbagai jenis terapi sesuai kondisi pasien. 

Layanan one-stop-care ini menghadirkan Water Vapor Thermal Theraphy, yang mampu meminimalisir kemungkinan terjadinya efek damping pengobatan pembesaran prostat. Terutama risiko disfungsi ereksi dan gangguan ejakulasi. 

Selain itu, terdapat juga pengobatan operasi laser prostat dengan laser Thulium (Thu:Yag) dan Thulium Fiber Laser (TFL) menggunakan teknik enukleasi prostat (ThuLEP/Thulium Laser Enucleation of The Prostate). Semua bertujuan untuk memberikan perbaikan kualitas hidup pasien dengan pembesaran prostat, yang kerap terjadi pada pria usia 50-an ke atas.

"Meskipun tidak langsung mengancam jiwa, penyakit in dapat menyebabkan menurunkan kualitas hidup pasien. Hal ini ya mendorong kami untuk menghadirkan One-stop-care untuk pasien pembesaran prostat jinak,” kata dr. Roswin Rosnim Djaafar, MARS, CEO RS Abdi Waluyo, saat media briefing di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis (28/3/2024). 

Water Vapor Thermal Theraphy dan operasi laser prostat merupakan pilihan pengobatan yang terbaik di dunia daat ini untuk pembesaran prostat jinak. Water Vapor Thermal Theraphy menggunakan frekuensi radio untuk menciptakan energi dalam bentuk uap air. 

Pada terapi ini instrumen khusus dan kamera kecil yang dimasukkan ke dalam uretha, uap panas dengan suhu 103 derajat akan disuntikkan langsung ke dalam prostat pasien secara presisi. Uap panas ini akan menimbulkan kematian sel prostat secara luas dan merata. 

Meski demikian, water vapor thermal theraphy paling ideal digunakan untuk terapi pembesaran prostat yang tidak terlalu besar. Jika digunakan untuk penyakit prostat yang lebih besar, terdapat faktor risiko yang terjadi sehingga disarankan untuk menggunakan pengobatan lainnya. 

“Walaupun demikian, Water Vapor Thermal Therapy sendiri direkomendasikan untuk prostat yang tidak terlalu besar, paling ideal diantara volume 30 hingga 80 ml, dengan acuan volume prostat normal berkisar dibawah 25-30 ml. Apakah bisa dilakukan untuk prostat yang lebih besar dari 80 ml? Bisa saja, tapi harus dirundingkan risk-benefit-nya dengan pasien dan mungkin disarankan untuk menjalani terapi lain yang lebih efektif, seperti operasi Laser Prostat" tambahnya,” kata Spesialis Urologi RS Abdi Waluyo, dr. Adistra Imam Satjakoesoemah, SpU, FICS. 

Rekomendasi