Cara Mengobati Mata Juling, Pilih Operasi atau Olahraga Mata?

| 31 Mar 2024 12:03
Cara Mengobati Mata Juling, Pilih Operasi atau Olahraga Mata?
Ilustrasi anak dengan mata juling (pixabay)

ERA.id - –  Mata juling atau yang lebih populer dengan istilah strabismus merupakan salah satu kelainan yang terjadi pada mata. Adapun salah satu penyebab mata juling yaitu karena terjadinya gangguan koordinasi otot yang berfungsi untuk menggerakkan bola mata. Beberapa pengidap mempunyai mata juling sejak lahir, sementara itu sebagiannya lagi mengidapnya saat memasuki usia remaja. Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara mengobati mata juling.

Pada umumnya, mata juling pada anak-anak dapat terjadi karena mata yang bekerja lebih berat dalam mengatasi penglihatan. Adapun faktor lainnya, beberapa penyakit seperti diabetes, lumpuh otak, campak, atau faktor genetik juga dapat menjadi penyebab mata juling pada anak-anak.

Mata Juling pada Orang Dewasa

Berbeda dengan penyebab mata juling pada anak-anak, orang dewasa yang mengalami cedera mata, diabetes, cedera kepala, stroke, dan botulisme juga bisa membuat mata menjadi juling.

Mata juling dapat terjadi dalam dua kondisi yang berbeda. Kondisi ini dapat terjadi secara horizontal yaitu satu bola mata mengarah ke dalam dan yang satu mengarah keluar. Namun, ada juga jenis mata juling yang terjadi secara vertikal. Kondisi tersebut menjadikan salah satu bola mata terlihat lebih tinggi dibandingkan bola mata yang lainnya.

Pada umumnya, mata juling tidak bersifat permanen. Mata juling bisa kita jumpai saat seseorang sedang melamun, sakit, dan kelelahan.

Ilustrasi (Unsplash/Tawfiqu Barbhuiya)

Bagi Anda yang mengalami hal ini, tentunya tidak perlu khawatir, kelainan mata juling dapat disembuhkan dengan beberapa cara. Bisa dengan menggunakan kacamata hingga terapi mata. Dengan rutin menjalani hal-hal tersebut, mata juling dapat berkurang atau bahkan disembuhkan.

Beberapa cara mengobati mata juling antara lain:

Konsumsi Obat

Pada umumnya, obat yang diberikan untuk penderita mata juling yaitu obat-obatan yang dapat membuat mata menjadi lebih relaks. Dengan mata yang lebih relaks, maka penglihatan pengidap akan dapat lebih fokus dan sembuh dari mata juling.

Menggunakan Kacamata

Penderita mata juling yang menggunakan kacamata akan lebih fokus dalam melihat objek tertentu. Gunakanlah kacamata yang sesuai dengan kebutuhan dan nyaman untuk digunakan.

Olahraga Mata

Olahraga mata menjadi salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengobati mata juling. Adapun olahraga mata yang dapat dilakukan yaitu:

  • Push-up pencil

Olahraga ini menggunakan bantuan alat sebesar pensil. Anda bisa meletakkan alat ini pada satu titik sejajar dengan mata. Selanjutnya, Anda dapat mencoba untuk melihat alat tersebut dengan kedua mata. Lakukan pergerakan pada alat tersebut seperti menjauhkan dan mendekatkan alat pada mata. Latihan ini akan membuat mata Anda lebih fokus dalam menangkap objek.

  • Brock string

Olahraga mata ini memerlukan bantuan tali dengan panjang 12-30 sentimeter dan gantungan yang berwarna warni sebanyak 3 buah. Setiap gantungan harus diberikan jarak yang sama, selanjutnya tali yang sudah terpasang gantungan diletakkan di depan hidung. Kemudian, Anda bisa melihat gantungan yang berbeda warna secara bergantian. Latihan ini juga sangat membantu dalam meningkatkan fokus penglihatan.

Operasi Mata

Operasi mata untuk menyembuhkan mata juling juga menjadi pilihan yang bisa dilakukan kapan saja dan berlaku pada anak-anak ataupun orang dewasa. Pilihan operasi dilakukan untuk memperbaiki dan meluruskan otot mata.

Demikianlah ulasan tentang cara mengobati mata juling, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi