Mineral dan Vitamin yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

| 01 Apr 2024 23:45
Mineral dan Vitamin yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan
Vitamin yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan (unsplash)

ERA.id - Vitamin merupakan zat penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan berbagai fungsi vital. Namun tahukah Anda terdapat beberapa vitamin yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan?

Perlu diketahui, kombinasi vitamin yang salah dapat menyebabkan interaksi negatif, mengganggu penyerapan, dan bahkan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Artikel ini akan membahas alasan dan efek samping yang mungkin terjadi dari konsumsi vitamin tersebut.

Vitamin yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

Dilansir dari medicinenet, berikut ini beberapa vitamin yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara bersamaan:

  1. Vitamin C dengan vitamin B-12

Vitamin C adalah antioksidan penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh. Sementara itu, vitamin B-12 membantu menjaga sistem saraf dan membentuk sel darah merah.

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kedua suplemen ini secara bersamaan dapat mengurangi jumlah vitamin B-12 yang Anda serap. Jadi, para ahli merekomendasikan untuk mengkonsumsi suplemen ini dengan jarak minimal dua jam.

  1. Suplemen vitamin A dengan makanan kaya vitamin A

Karena vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak yang apabila mengalami kelebihannya akan disimpan dalam tubuh, maka Anda tidak perlu mengkonsumsi vitamin A setiap hari.

Terlalu banyak vitamin A dapat menyebabkan tulang lebih lemah dan lebih banyak patah tulang seiring bertambahnya usia. Efek ini juga bisa berbahaya bagi bayi yang belum lahir.

Jika Anda sedang hamil atau mengonsumsi suplemen vitamin A, hindari makan hati. Makanan ini sangat tinggi vitamin A sehingga meskipun Anda tidak mengkonsumsi suplemen vitamin A, Anda sebaiknya hanya mengkonsumsinya seminggu sekali untuk menghindari konsumsi berlebihan.

Terlalu banyak vitamin A dapat menyebabkan tulang lebih lemah (unsplash)
  1. Asam folat (vitamin B9) dan vitamin B-12

Meskipun kedua vitamin B ini penting, mengkonsumsi terlalu banyak asam folat atau folat sebenarnya dapat menyembunyikan gejala kekurangan vitamin B-12. Jadi, konsultasikan dengan dokter Anda untuk memeriksa kadar vitamin Anda sebelum menambahkan suplemen ini ke dalam regimen Anda.

  1. Vitamin E dan vitamin K

Penelitian membuktikan bahwa suplementasi vitamin E dapat menyebabkan peningkatan pendarahan pada beberapa orang. Hal tersebut membuat beberapa dokter meresepkan suplemen vitamin K untuk membantu pembekuan darah. Maka dari itu, mengkonsumsi vitamin E secara bersamaan dapat melawan efek vitamin K

Mineral dan Zat Lain yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

  1. Tembaga dan seng

Tembaga dan seng adalah mineral penting dan kebanyakan orang mendapatkan cukup nutrisi ini melalui makanan mereka. Tembaga membantu perkembangan otak, kesehatan sistem saraf, dan pembuatan jaringan penting dalam tubuh. Sementara itu, seng adalah mineral penting untuk penyembuhan.

Perlu diketahui, mineral yang berbeda dapat bersaing untuk diserap di sistem pencernaan Anda saat dikonsumsi bersamaan. Jadi, jika Anda mengonsumsi tembaga dan seng bersamaan, biasanya salah satunya akan kurang diserap. Dalam kasus kedua maka seng yang lebih mudah diserap.

Dengan demikian, orang yang mengkonsumsi banyak suplemen seng dapat mengalami kekurangan tembaga.

  1. Teh hijau dan zat besi

Kedua suplemen ini menawarkan banyak manfaat. Teh hijau memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat membantu orang dengan kondisi seperti penyakit radang usus. Sementara itu, zat besi penting untuk pembuatan hemoglobin yang merupakan protein dalam darah Anda.

Namun, jika dikonsumsi bersamaan, antioksidan dari teh hijau akan mengikat zat besi dan akan mengurangi efek positif dari konsumsi teh hijau.

  1. Kalsium dengan mineral lainnya

Kalsium adalah mineral penting untuk kesehatan tulang. Mengkonsumsi suplemen kalsium dapat mempengaruhi bagaimana tubuh Anda menyerap mineral lain termasuk seng, magnesium, atau zat besi.

Namun jika Anda mengonsumsi kombinasi dari suplemen ini, konsultasikan dengan dokter Anda tentang waktu terbaik untuk penyerapan maksimum setiap mineral.

Selain vitamin yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi