Makanan yang Tinggi Asam Folat yang Dapat Dikonsumsi Sehari-Hari

| 08 Dec 2023 07:00
Makanan yang Tinggi Asam Folat yang Dapat Dikonsumsi Sehari-Hari
Makanan yang tinggi asam folat (unsplash)

ERA.idAsam folat menjadi salah satu nutrisi kunci yang sangat penting untuk menunjang gaya hidup sehat. Untuk itu Anda harus pintar-pintar dalam memilih beberapa makanan yang tinggi asam folat.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai pilihan makanan yang kaya akan asam folat, membahas manfaatnya bagi kesehatan, dan memberikan wawasan tentang bagaimana mengintegrasikan nutrisi tersebut dalam pola makan sehari-hari.

Asam folat berguna untuk apa saja?

Asam folat adalah bagian dari kelompok vitamin B kompleks, memegang peran krusial dalam kesehatan ibu hamil.

Alasan pemenuhan asam folat selama kehamilan bukanlah tanpa alasan, melainkan karena vitamin ini memiliki sejumlah manfaat yang mendukung perkembangan janin.

Asam folat juga berperan dalam pembentukan sistem saraf janin dan plasenta, serta memberikan perlindungan terhadap masalah kesehatan seperti anemia, risiko keguguran, dan preeklamsia.

Kekurangan asam folat juga dapat membawa dampak serius pada perkembangan janin, oleh karena itu, memastikan asupan asam folat yang memadai menjadi langkah proaktif bagi ibu hamil.

Selain itu, suplemen asam folat dan konsumsi makanan kaya asam folat, seperti sayuran berdaun hijau, telur, dan buah-buahan, menjadi strategi penting dalam menjaga kesehatan ibu dan janin selama masa kehamilan.

Pilihan Makanan yang Tinggi Asam Folat

Dilansir dari AI Care, berikut ini beberapa rekomendasi makanan yang kaya akan asam folat dan dapat Anda konsumsi sehari-hari:

  1. Asparagus

Asparagus mungkin bukan menjadi sayuran yang populer di Indonesia, namun Anda dapat menemukannya di supermarket atau pasar tertentu. Asparagus mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk asam folat.

Perlu diketahui, sekitar 90 gram asparagus yang dimasak mengandung setidaknya 134 mikrogram asam folat.

  1. Telur

Telur adalah sumber pangan yang sudah familiar dan mengandung sekitar 22 mikrogram folat untuk sebutir telur berukuran besar. Telur juga kaya protein, selenium, riboflavin, dan vitamin B12. Telur juga tinggi lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang mengurangi risiko gangguan mata.

telur kaya akan asam folat (Unsplash)
  1. Sayuran Hijau

Ketiga adalah semua aneka sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, sawi, kangkung, rendah kalori tapi kaya vitamin dan mineral, termasuk asam folat. Contohnya, setiap 30 gram bayam mengandung sekitar 58,2 mikrogram folat.

  1. Toge

Tauge atau kecambah merupakan sayuran umum yang dapat dengan mudah dijumpai di Indonesia lantaran kaya vitamin dan mineral, termasuk asam folat. Setiap 78 gram tauge mengandung sekitar 47 mikrogram asam folat.

  1. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang berbentuk bunga dan banyak mengandung asam folat. Untuk setiap 91 gram brokoli mentah, terdapat 57 mikrogram asam folat. Brokoli juga kaya mangan, vitamin C, vitamin K, dan vitamin A.

  1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian, selain sebagai camilan sehat, mengandung serat dan asam folat yang baik untuk kebutuhan harian tubuh.

  1. Hati

Hati sapi adalah sumber asam folat yang baik karena mengandung sekitar 212 mikrogram asam folat dalam setiap 85 gram hati sapi yang dimasak. Meski baik, konsumsi hati sapi perlu dibatasi karena kandungan vitamin A yang tinggi.

  1. Pepaya

Pepaya menjadi buah tropis yang bisa disantap segar atau diolah menjadi selai, mengandung sekitar 53 mikrogram folat dalam setiap 140 gram pepaya segar. Namun, hamil sebaiknya hindari pepaya muda.

  1. Pisang

Pisang selain kaya asam folat, juga mengandung kalium untuk kesehatan ibu hamil.

  1. Alpukat

Alpukat adalah buah bertekstur creamy, mencukupi sekitar 21% kebutuhan harian folat. Kandungan lemak tak jenuh tunggal di dalam alpukat juga membantu melindungi dari penyakit jantung.

Selain makanan yang tinggi asam folat, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi