Waspada, Sering Menahan Buang Air Kecil Bisa Memicu Infeksi Prostat dan Kerusakan Ginjal

| 01 Apr 2024 15:50
Waspada, Sering Menahan Buang Air Kecil Bisa Memicu Infeksi Prostat dan Kerusakan Ginjal
Ilustrasi menahan buang air kecil (Unsplash)

ERA.id - Menahan buang air kecil merupakan suatu hal yang tidak disadari sering dilakukan banyak orang, terlebih jika sudah disibukkan dengan pekerjaan.

Namun, perlu diwaspadai kalau keseringan menahan kencing bisa berdampak buruk bagi tubuh. 

Ahli urologi, dr. Adistra Imam Satjakoesoemah, SpU, FICS, mengatakan, keseringan menahan buang air kecil bisa mengakibat infeksi prostat.

"Dia (menahan buang air kecil) menimbulkan infeksi prostat. Ada pasien-pasien dengan prostatitis, kencing anyang-anyangan dok, gini-gini. Ya itu infeksi prostatnya," kata Dokter Adistra saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Hal yang sama juga bisa terjadi pada perempuan. Jika sering menahan buang air kecil maka bakteri mudah berkembang biak, sehingga bisa menimbulkan infeksi saluran kemih.

"Kencing itu isinya zat-zat metabolik, zat-zat sisa. Ketika ada kuman masuk, terutama pada wanita karena uretranya pendek, jadi gampang berkembang biak menjadi kuman. Maka menjadi infeksi saluran kencing," jelasnya.

Selain itu, kebiasaan menahan buang air kecil juga bisa berakibat fatal pada ginjal. Ini karena zat-zat yang seharusnya dibuang tertahan terlalu lama hingga naik ke bagian ginjal.

"Saluran kencing bagian atas dengan bagian bawah itu merupakan bejana tertutup, satu pipa tertutup. Jadi kalau dibawa overpressure, dibawa terlalu tinggi, semua mungkin akan naik ke ginjal. Biasanya ini akan merusak ginjal, ini ekstrimnya," pungkas dokter Adistra.

Rekomendasi