4 Cara Sehat Berbuka Puasa biar Nggak Kena Gangguan Pencernaan

| 18 Mar 2024 21:15
4 Cara Sehat Berbuka Puasa biar Nggak Kena Gangguan Pencernaan
Cara makan sehat saat berbuka puasa (Pexel/Anna Tukhfatullina)

ERA.id - Saat berbuka puasa, tak jarang orang akan kalap melahap berbagai makanan karena sudah seharian perut kosong. Namun, hal ini tidak baik dilakukan karena perut yang lama tidak terisi makanan cenderung lebih rentan mengalami gangguan pencernaan.

Untuk itu, saat berbuka puasa perlu menerapkan langkah yang benar agar terhindar dari berbagai gangguan pencernaan. Berikut beberapa cara sehat buka puasa, dilansir dari Arab News.

1. Awali dengan minum air

Awali buka puasa dengan minur air, karena menghidrasi tubuh harus menjadi prioritas utama. Mulailah minum air satu atau dua gelas.

Hindari minuman yang terlalu dingin, karena bisa membuat perut cepat kenyang. Ini akan membuat kehilangan selera untuk mengonsumsi makanan untuk mengembalikan energi tubuh selama berpuasa.

2. Makan buah

Konsumsi buah-buahan untuk menambah asupan gula alami dan semakin menghidrasi tubuh. Kurma merupakan buah pilihan untuk berbuka karena mengandung gula alami dan nutrisi yang tinggi. Selain kurma, bisa juga makan buah pir, semangka, lemon, hingga anggur.

3. Jangan langsung makan berat

Saat berbuka berusahalah untuk menahan diri melahap semua makanan yang tersaji, terutama makanan berat. Jika dilakukan bisa membuat perut kaget dan menimbulkan kembung hingga sembelit.

Setelah minum air dan makan buah-buahan, berilah jeda waktu untuk lambung mencerna sekitar 30 menit. Setelahnya mulai makanan berat dengan nutrisi lengkap, baik protein dan seratnya.

4. Makan perlahan

Makan dengan cepat bisa mengganggu kestabilan kadar gula darah, sehingga cenderung sering merasakan lapar. Ini akan membuat kamu mengonsumsi makanan secara berlebihan dan tidak baik untuk berat badan ke depannya.

Untuk itu, meskipun lapar karena seharian berpuasa, usahakan untuk tetap makan secara perlahan. Mengunyah secara perlahan akan memberi waktu bagi tubuh menyerap glukosa dan kalori sesuai dengan yang dibutuhkan.

Rekomendasi