5 Jenis Olahraga yang Bantu Bakar Lemak Usai Banyak Makan Opor Ayam dan Rendang

| 11 Apr 2024 22:30
5 Jenis Olahraga yang Bantu Bakar Lemak Usai Banyak Makan Opor Ayam dan Rendang
Ilustrasi olahraga (Freepik)

ERA.id - Hari Raya Idul Fitri merupakan hari besar bagi umat Islam. Biasanya, perayaan ini menghadirkan beragam jenis makanan yang dapat menaikkan berat badan.

Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan olahraga efektif untuk membakar kalori. Setelah Lebaran, rutin olahraga dapat membakar kalori dan menjaga kesehatan tubuh.

Lima jenis olahraga bantu bakar lemak secara efektif

Berikut lima jenis olahraga yang bisa membakar lemak usai banyak makan opor ayam dan rendang, seperti dilansir dari laman Harvard Health.

1. Berenang 

Berenang salah satu jenis olahraga terbaik. Daya apung air dapat menopang tubuh. Sehingga dapat menghilangkan ketegangan pada sendi dan intensitas nyeri. Usai berenang, kamu dapat menggerakan tubuh lebih lancar. 

"Berenang baik bagi penderita arthritis karena mengurangi beban tubuh," jelas Dr. I-Min Lee, profesor kedokteran di Harvard Medical School.

Berenang dapat membantumu membakar kalori dan menyegarkan diri. Penelitian menemukan berenang dapat meningkatkan kondisi mental dan membuat suasana hati lebih baik. 

2.  Tai chi

Tai chi merupakan seni bela diri Tiongkok yang menggabungkan gerakan dan relaksasi. Olahraga jenis ini baik untuk tubuh dan pikiran. Tai chi adalah latihan berupa meditasi dalam gerakan, di mana hal tersebut memerlukan ketenangan dan konsentrasi.

Tai chi bisa membantu membakar kalori, mengurangi masalah kecemasan, mengurangi rasa stres, melatih pernapasan, konsentrasi, serta keseimbangan tubuh dan pikiran. 

Tai chi adalah olahraga yang dilakukan dengan rangkaian gerakan lembut, perlahan, dan tanpa jeda dari satu gerakan ke gerakan lainnya. 

Tai chi merupakan olahraga yang bersifat low impact, di mana memberikan beban minimal pada otot ataupun persendian tubuh. Sehingga, latihan ini cocok dan aman untuk siapa pun, termasuk lansia.

Latihan kekuatan otot
Latihan kekuatan otot (Unsplash)

3. Latihan kekuatan otot

Jika kamu yakin bahwa latihan kekuatan adalah aktivitas yang macho dan berotot, itu salah besar. Mengangkat beban ringan tidak akan membentuk otot, tetapi akan membuat otot tetap kuat. Latihan kekuatan otot juga membantu membakar kalori. 

Jenis latihan yang melatih kekuatan otot, seperti angkat beban, naik turun tangga, mendaki, bersepeda, push up, sit up, hingga menari.

"Jika kamu tidak latihan kekuatan otot, otot akan kehilangan kekuatannya seiring berjalannya waktu," kata Dr. Lee.

"Semakin banyak latihan kekuatan yang dilakukan, semakin banyak kalori yang dibakar, sehingga lebih mudah menjaga berat badan," kata Dr. Lee. 

Mirip dengan olahraga lainnya, latihan kekuatan otot juga dapat membantu menjaga fungsi otak di tahun kedepannya.

4. Jalan kaki

Jalan kaki itu sederhana, namun bertenaga. Ini dapat membantu kamu tetap langsing, menurunkan kadar kolesterol, memperkuat tulang, menjaga tekanan darah, meningkatkan suasana hati, dan menurunkan risiko sejumlah penyakit (misalnya diabetes dan penyakit jantung). 

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki dan aktivitas fisik lainnya dapat meningkatkan daya ingat serta melawan kehilangan ingatan terkait usia.

Yang dibutuhkan hanyalah sepasang sepatu yang pas. Mulailah dengan berjalan kaki sekitar 10 hingga 15 menit setiap kalinya. Seiring berjalannya waktu, kamu bisa mulai berjalan lebih jauh dan lebih cepat. Bahkan, kamu dapat berjalan selama 30 hingga 60 menit hampir setiap hari dalam seminggu.

5. Senam kegel

Senam kegel bisa memperkuat otot-otot dasar panggul yang menopang kandung kemih. Senem kegel bisa membakar kalori dan mencegah inkontinensia. Meskipun banyak wanita yang akrab dengan senam kegel, latihan ini juga bermanfaat bagi pria.

Rekomendasi