6 Hidangan Lebaran Ala Orang Indonesia yang Selalu Ada di Setiap Rumah

| 12 May 2021 19:42
6 Hidangan Lebaran Ala Orang Indonesia yang Selalu Ada di Setiap Rumah
Menu Lebaran, Menu Spesial Lebaran, Makanan Wajib Lebaran,

ERA.id - Menjelang Hari Raya Idulfitri sejumlah umat muslim mulai disibukkan dengan kegiatan masak-memasak. Tak ketinggalan menu-menu wajib yang harus selalu ada di setiap lebaran turut disajikan. 

Merayakan hari kemenangan setelah menjalankan ibadan puasa satu bulan penuh menjadi hal yang paling dinantikan. Banyak keluarga yang mulai memikirkan menu santapan lezat yang biasanya hadir di setiap lebaran. 

Berikut ini 5 menu wajib yang selalu ada di setiap lebaran umat muslim di Indonesia, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Ketupat

Ketupat lebaran (Instagram/yoyondaryono)

Hari lebaran identik sekali dengan ketupat yang merupakan makanan utama di hari raya. Sajian ini berbahan dasar beras yang umumnya dibungkus menggunakan daun kelapa atau plastik. 

Ketupat biasanya menjadi favorit yang tak boleh dilewatkan dan hanya hadir di setiap lebaran, kecuali bagi pedagang ketoprak atau pun sate padang yang biasanya menyuguhkan ketupat. 

2. Sambal Goreng Ati

Sambal goreng ati (Pinterest/Anggelinaputri)

Melengkapi kudapan ketupat yang legit tak lengkap rasanya bila tidak ditemani dengan sambal goreng ati. Salah satu menu yang memiliki cita rasa pedas ini biasanya menjadi pengganti sambal untuk disantap. 

Sambal goreng ati umumnya berbahan dari kentang yang dipotong dadu dengan ati ampela. Namun tak sedikit pula yang menambahkan petai ke dalam sambal goreng ati. 

3. Opor Ayam

Opor (Pinterest/topwisatainfo)

Mendengar kata opor ayam tentu saja sudah sangat melekat dengan Hari Raya Idulfitri. Kudapan berbahan dasar ayam dan santan ini menjadi menu legendaris yang harus dan wajib ada di setiap rumah yang merayakan lebaran. 

Untuk pemilihan ayam, beberapa keluarga menggunakan ayam kampung karena memiliki tekstur yang lebih lembut dari pada ayam negeri. Tetapi perlu diingat, ayam kampung di dalam opor ini bisa hancur bila terus dipanaskan. 

Jadi tergantung selera ya mau pakai ayam kampung atau ayam negeri. 

4. Rendang

Rendang (Pinterest/Mas Fikr)

Salah satu makanan terlezat di dunia dan jagoan di masakan nasi padang ini juga menjadi menu wajib saat lebaran, rendang. Berbahan dasar daging sapi dengan bumbu rempah-rempah ini menghasilkan cita rasa yang kaya dan menggiurkan. 

Selain rendang, biasanya ada keluarga yang juga menyajikan semur daging loh. Tergantung bagaimana selera dan menu tradisi lebaran di rumah kamu aja nih.

Tapi hati-hati jangan sampai tertukar antara daging rendang dengan lengkuas ya. 

5. Sayur Labu Siam

Sayur labu siam (Pinterest/tastemade)

Umumnya menu sayur labu siam ini akan muncul di keluarga keturunan betawi aja nih. Tapi menu ini juga gak nutup kemungkinan bakal hadir di tiap rumah kok. 

Selain bahan-bahannya murah dan mudah didapat, sayur labu siam juga punya cita rasa gurih dan lezat bila disantap bersamaan dengan ketupat, rendang, serta opor ayam.

6. Kue Kering

Kue kering (Pinterest/spoonfulpassion)

Menu favorit buat anak-anak di rumah saat lebaran tentu saja berbagai sajian kue kering dengan rasa beragam. Tradisi membuat kue lebaran ini juga cuma bisa ditemui selama bulan Ramadan aja loh. 

Kue kering yang jadi favorit dan banyak peminatnya biasanya sih kue putri salju, kue nastar, kue kastengel, dan juga rengginang di dalam kaleng biskuit. 

Itu lah enam menu wajib yang harus ada di hari lebaran nanti. Jadi jangan lupa untuk menyiapkan dan berbelanja kebutuhan ya. 

Rekomendasi