Cegah Kelelahan Selama Perjalanan, Simak 5 Tips Menjaga Kesehatan Sebelum Mudik

| 03 Apr 2024 21:45
Cegah Kelelahan Selama Perjalanan, Simak 5 Tips Menjaga Kesehatan Sebelum Mudik
Ilustrasi mudik bersama keluarga (Freepik/@garakta_studio)

ERA.id - Mudik Lebaran menjadi momen paling ditunggu hampir seluruh umat Muslim di Indonesia. Sebelum melakukan perjalanan mudik, ada sejumlah yang harus diperhatikan agar aman saat berada di perjalanan. 

Tips ini harus dilakukan demi kenyamanan dan keselamatanmu selama perjalanan mudik. Berikut 5 tips menjaga kesehatan sebelum mudik agar kamu tidak kelelahan selama perjalanan, seperti dilansir dari laman Adevence Did Medical.

1. Tidur yang cukup

Tips utama yang harus dilakukan adalah tidur yang cukup. Para pemudik biasanya suka memaksakan diri, kurang tidur, atau kelelahan selama perjalanan mudik. Maka dari itu, kamu jangan mengurangi waktu tidurmu demi perjalanan mudik. Berada di jalan jauh lebih melelahkan secara fisik. Jadi pastikan untuk memperhatikan tubuhmu untuk beristirahat.

2. Rutin

Olahraga sangat baik untuk tubuhmu, baik saat di rumah atau perjalanan mudik. Jika kamu tidak bisa meluangkan waktu di gym untuk berolahraga, kamu bisa cara lain untuk menggerakkan tubuh. Seperti halnya berjalan kaki di sekitar rumah dan naik tangga.

3. Konsumsi makanan sehat

Tubuhmu harus tetap sehat saat perjalanan mudik Lebaran. Hal yang dilakukan adalah memilih hidangan yang tepat dan bergizi. Pilihlah makanan sehat yang mempengaruhi imunitas tubuh. Konsumsilah makanan sehat, seperti buah, sayuran, dan protein kaya akan vitamin.

4. Tetap terhidrasi

Ketika perjalanan mudik, kamu mudah mengalami dehidrasi. Jadi jangan lupa minum banyak air putih. Mulailah harimu dengan minum segelas air dengan ukuran besar. Selalu pastikan untuk membawa botol air.

5. Batasi makanan manis dan alkohol

Kamu mungkin tergoda untuk makan berlebihan saat perjalanan mudik Lebaran. Tetapi minuman dan makanan penutup tambahan ini dapat menyebabkan penambahan berat badan yang tidak diinginkan dan gangguan tidur. Kamu bisa konsumsi gula dan alkohol secukupnya.

Rekomendasi