4 Cara Mudah Mencegah Kenaikan Berat Badan Setelah Lebaran

| 17 Apr 2024 09:32
4 Cara Mudah Mencegah Kenaikan Berat Badan Setelah Lebaran
Ilustrasi mencegah kenaikan berat badan (Freepik)

ERA.id - Saat libur lebaran keinginan untuk menyantap segala hidangan membuat berat badan malah menjadi naik.

Beragam menu khas, seperti opor ayam, ketupat, sambal goreng, rendang, hingga kue kering. Setelah Lebaran usai, kamu mendapati berat badan yang naik.

Agar berat badan tidak melonjak naik, maka penting untuk memiliki cara yang efektif mencegah berat badan yang tak diinginkan.

Cara mudah mencegah kenaikan berat badan

Berikut cara efektif mencegah kenaikan berat badan dari Pakar Kesehatan Universitas Pasundan dr. Trias Nugrahadi, Sp.KN (K), seperti dilansir dari laman Unpas.ac.id.

1. Puasa Syawal

Seusai merayakan Idul Fitri dengan dilarang berpuasa selama beberapa hari, kembali menjalani ibadah puasa dapat membantu sistem pencernaan agar menyesuaikan dengan pola makan baru.

"Puasa Syawal bisa jadi masa transisi agar pencernaan tidak kaget. Sistem pencernaan yang tadinya bekerja lebih lambat harus adaptasi lagi dengan pola makan normal,” katanya.

2. Mengatur jadwal makan

Selama lebaran, penting untuk mengatur jadwal makan supaya tidak terjadi lonjakan beban makanan yang diterima tubuh. Untuk itu, perlu menjaga porsi dan asupan ketika sarapan, makan siang, dan malam. Sarapan ideal dilakukan antara pukul 07.00 – 09.00 WIB.

Namun bagi orang-orang yang memiliki pola makan berbeda, mengonsumsi sarapan dua jam setelah bangun tidur dapat membantu meringankan beban pencernaan.

"Usahakan makan malam sebelum pukul tujuh. Hal ini memberikan waktu bagi pencernaan untuk beristirahat dari kerja mengolah makanan,” sambungnya.

Ilustrasi makan sehat
Ilustrasi makan sehat (Freepik)

3. Perhatikan asupan dan kandungan gizi

Waktu sarapan, memilih menu makanan ringan dengan kandungan karbohidrat cukup dapat membantu proses pengeluaran sisa makanan.

Saat makan siang, lambung bisa diisi dengan makanan kaya protein dan rendah karbohidrat untuk menyuplai zat pembangun dan membentuk energi agar tubuh kembali segar.

"Untuk makan malam, makan makanan kaya serat seperti buah dan sayur agar tidak membebani sistem pencernaan pada waktu tubuh beristirahat,” terangnya.

4. Memperkuat imunitas

Bahan-bahan tradisional seperti jahe, temulawak, dan rempah-rempah lainnya baik untuk menjaga imunitas tubuh. Memenuhi cairan tubuh juga bisa mencegah risiko dehidrasi.

"Pengaturan pola makan yang tidak membebani tubuh bakal membantu detoksifikasi dan menghindarkan kita dari sakit,” tutupnya.

Rekomendasi