Pentingnya Mengontrol Gula Darah Bagi Penderita Diabetes

| 26 Apr 2024 20:01
Pentingnya Mengontrol Gula Darah Bagi Penderita Diabetes
Diskusi panel bersama Roche Diabetes Care, di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, pada Kamis (25/4/2024). (ERA.id/Yessica)

ERA.id - Diabetes merupakan salah satu penyakit yang menjadi tantangan kesehatan terbesar di dunia saat ini. Bagi para penderita diabetes, mengontrol gula darah sangat penting, karena penyakit ini memengaruhi bagaimana tubuh menggunakan gula darah atau glukosa. 

“Kontrol gula darah itu paling penting. Kenapa? Karena yang namanya diabetes itu gulanya tinggi,” kata Chief Officer dari Diabetes Initiative Indonesia, Dr. Roy Panusuan Sibarani, dalam diskusi panel bersama Roche Diabetes Care, di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, pada Kamis (25/4/2024).

Bagi penderita diabetes, pengontrolan gula darah yang sangat perlu diperhatikan adalah pada momen sebelum dan sesudah makan. Gula darah yang terlalu tinggi pada momen tersebut bisa memengaruhi fungsi organ tubuh lainnya.

“Kalau gula darahnya tinggi, itu ada dua macam sebenarnya. Gula darah sebelum makan, itu sangat berhubungan dengan komplikasi ke jantung. Gula darah tinggi setelah makan, itu bisa menyebabkan gangguan pada mata dan ginjal,” jelasnya.

Dengan demikian, pengontrolan gula darah bagi penderita diabetes sangat penting dilakukan secara rutin. Ini dilakukan untuk mencegah komplikasi penyakit yang bisa ditimbulkan ke depannya.

“Dengan mengetahui gula darah kita berada pada level yang baik, itu sangat membantu untuk mencegah komplikasi,” katanya.

Dalam rangka membantu penderita diabetes dalam mengontro gula dan hidup dengan penyakit kronis tersebut, PT Roche Indonesia bekerja sama dengan Diabetes Initiative Indonesia meluncurkan aplikasi manajemen diabetes.

“Kami ingin membekali para penyandang sekaligus perawat mereka dengan pengetahuan dan cara yang tepat dalam mengelola kondisi kronis seumur hidup ini,” lanjut Dokter Roy. 

Pemanfaatan teknologi digital ini menjadi solusi bagi penderita diabetes untuk memantau nilai glukosa darah mereka dengan mudah. Hal ini juga akan memudahkan pasien untuk mengelola data gula darah mereka sehari-hari, dan juga meringankan beban analisanya kepada para dokter yang menangani.

“Tentunya dengan menggabungkan teknologi dan pemahaman yang mendalam tentang tantangan yang dihadapi penyandang diabetes, kami berupaya memungkinkan pasien menavigasi kompleksitas pengelolaan diabetes sehari-hari dengan percaya diri,” tambah Cluster Head of Asia Emerging Markets at Roche Diabetes Care, Bryan Koh, pada kesempatan yang sama.

Tags : diabetes roche
Rekomendasi