Ikan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes karena Berdampak Buruk bagi Kesehatan

| 25 Jan 2024 16:14
Ikan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes karena Berdampak Buruk bagi Kesehatan
Ikan yang harus dihindari penderita diabetes (unsplash)

ERA.id - Dalam dunia kesehatan, ikan sering dianggap sebagai sumber protein yang sehat dan bergizi. Namun, terdapat beberapa jenis ikan yang harus dihindari penderita diabetes.

Beberapa jenis ikan dapat mempengaruhi kadar gula darah, serta menyebabkan dampak negatif pada kesehatan. Dalam artikel ini, kita akan bahas jenis-jenis ikan yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes.

Ikan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Seperti halnya makanan laut yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi penderita diabetes, sebaliknya terdapat juga seafood tertentu yang dapat merugikan. Ketika Anda memahami risiko ini diharapkan dapat dengan bijak dan menikmati diet yang lebih sehat.

Seafood apa yang tidak baik untuk penderita diabetes? Jawabannya adalah seafood yang tinggi sodium, lemak tidak sehat, dan merkuri, serta seafood yang dibalut dan digoreng. Dilansir dari Fatty Crab, berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Seafood Tinggi Sodium: Mengapa Tidak Baik untuk Penderita Diabetes?

Seafood yang tinggi sodium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, suatu kondisi yang sudah umum terjadi pada penderita diabetes.

Maka dari itu, mengonsumsi terlalu banyak sodium dapat memperparah tekanan darah dan akan membuatnya lebih sulit untuk mengelola kedua kondisi tersebut (diabetes dan hipertensi).

Beberapa jenis kerang, produk seafood olahan, dan ikan kalengan dapat tinggi sodium, sehingga kurang direkomendasikan untuk diet penderita diabetes.

  1. Seafood Tinggi Lemak

Meskipun seafood pada umumnya rendah lemak, namun terdapat beberapa cara penyajian yang dapat menambah lemak tidak sehat ke dalam makanan Anda.

Sebagai contoh, hidangan seafood yang disiapkan dengan mentega akan meningkatkan kandungan lemak jenuh, yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan peningkatan kadar kolesterol (sebagaimana diketahui keduanya bermasalah bagi penderita diabetes).

  1. Seafood Tinggi Merkuri

Seperti yang disebutkan sebelumnya, beberapa ikan, seperti ikan pedang, hiu, dan tenggiri raja adalah yang harus dihindari karena tinggi merkuri. Mengonsumsi ini dapat menyebabkan keracunan merkuri, yang dapat berdampak negatif pada sistem saraf.

Bagi penderita diabetes, yang mungkin sudah memiliki kerusakan saraf maka penting untuk menghindari beberapa jenis seafood yang mengandung tinggi merkuri.

  1. Seafood yang Dibumbui dan Digoreng

Pembumbuan dan penggorengan seafood tidak hanya meningkatkan kandungan lemak dan kalori tetapi juga dapat meningkatkan kandungan karbohidrat. Hal ini dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah, yang sangat berbahaya bagi penderita diabetes.

Dengan demikian, ketika Anda menghindari seafood yang dibumbui dan digoreng dapat membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah.

Memilih Seafood yang Aman Bagi Penderita Diabetes (unsplash)

Memilih Seafood yang Aman Bagi Penderita Diabetes

Masih banyak opsi seafood yang cocok dan bermanfaat untuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan makanan laut menawarkan keseimbangan yang baik antara nutrisi, rasa, dan manfaat kesehatan secara keseluruhan.

Cobalah memiliki seafood rendah sodium, lemak tidak sehat, dan merkuri. Ikan tanpa lemak seperti cod, flounder, dan haddock, serta kerang-kerangan seperti udang, kepiting, dan kerang, semuanya rendah sodium, lemak tidak sehat, dan merkuri.

Beberapa jenis makanan laut di atas menawarkan protein berkualitas tinggi dan nutrisi penting. Selain itu, opsi seafood yang lebih baik ini kaya akan protein tanpa lemak, membantu mengontrol berat badan dan kadar gula darah.

Beberapa seafood yang baik bagi penderita diabetes juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan merupakan sumber vitamin dan mineral penting.

Sebagai bagian dari diet seimbang, opsi seafood ini dapat berkontribusi pada kesehatan jantung yang lebih baik, pengendalian gula darah yang lebih baik, dan kesehatan bagi penderita diabetes.

Selain ikan yang harus dihindari penderita diabetes, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi