Pilihan Makanan Pengganti Nasi untuk Penderita Diabetes, Pola Makan Sehat untuk Hidup Sehat

| 10 Dec 2023 10:00
Pilihan Makanan Pengganti Nasi untuk Penderita Diabetes, Pola Makan Sehat untuk Hidup Sehat
Beras merah, salah satu makanan pengganti nasi untuk penderita diabetes (pixabay)

ERA.id - Diabetes adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini berkaitan dengan kadar gula darah sehingga gaya hidup dan pola makan harus dijaga dengan baik.

Salah satu makanan yang berkaitan dengan peningkatan kadar gula darah adalah nasi putih. Untuk mengontrol kadar gula darah, Anda bisa memilih makanan pengganti nasi untuk penderita diabetes.

Untuk diketahui, nasi putih memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Hal ini bisa memicu peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh.

Daftar Makanan Pengganti Nasi untuk Penderita Diabetes

Beras merah

Indeks glikemik nasi merah lebih rendah daripada nasi putih. Selain itu, berat ini punya serat yang lebih banyak sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.

Dalam 100 gr nasi merah terdapat 34,5 gram karbohidrat dan 3 gram serat. Beras meraj juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang manfaat untuk tubuh.

Gandum

Gandum termasuk bahan makanan pengganti nasi putih untuk penderita diabetes. Roti gandum utuh adalah salah satu olahan populer dari gandum yang bisa dicoba oleh para penderita diabetes.

Berdasarlan penelitian di The Journal of Nutrition, gandum utuh memiliki kandungan serat yang tinggi. Kemudian, mengonsumsi roti gandum utuh dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Makanan ini juga bisa menurunkan risiko obesitas, salah satu pemicu diabetes.

Shirataki

Dilansir situs PPID Kota Serang, shirataki bisa menjadi salah satu alternatif makanan pokok untuk menggantikan nasi putih dan nasi merah. Nasi shirataki punya kandungan serat tinggi.

Hal ini menjadikannya punya banyak manfaatnya untuk kesehatan, seperti menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah, dan penyuplai serat. Meski punya serat yang tinggi, kandungan kandungan gula, karbohidrat, dan kalori beras shirataki sangat rendah.

Tekstur nasi shirataki lebih kenyal dan padat daripada nasi putih. Nasi ini rendah gula sehingga rasanya hambar. Namun, ini menjadi keunggulan karena bisa dipadukan dengan barbagai jenis sayu dan lauk sehat lainnya.

Nasi tiwul

Nasi thiwul merupakan nasi yang terbuat dari umbi ketela pohon. Umbi ketela pohon diolah menjadi gaplek, kemudian ditumbuk hingga halus dan diokah menjadi nasi tiwul.

Dikutip dari situs resmi Pemkab Ponorogo, tiwul sangat cocok untuk diet bagi penderita diabetes sebab kalori yang dihasilkan oleh nasi ini lebih rendah dibandingkan nasi putih.

Dengan 100 gr bahan baku (singkong), nasi tiwul mengandung air 63,50 gr, karbohidrat 35 gr, kalsium 33 mg, vitamin C 30 mg, protein 1,20 mg, zat besi 0,70 mg, lemak 0,30 mg, vitamin B1 0,01 mg, kalori (121 kal) lebih rendah dari nasi beras putih.

Jagung

Bagi orang yang biasa menjadikan jagung sebagai pengganti nasi putih, jagung bisa diolah dengan cara direbus atau dikukus tanpa penyedap rasa. Indeks glikemik jagung sekitar 55—60%. Jagung juga mengandung serat, antioksidan, dan vitamin B.

Jagung (pixabay)

Itulah berbagai makanan pengganti nasi untuk penderita diabetes. Ikuti terus berita terbaru Era.id untuk mendapatkan info menarik lainnya.

Rekomendasi