Tak Hanya Seru dan Melatih Kardio, Manfaat Olahraga Poundfit bagi Penderita Diabetes

| 28 May 2024 07:00
Tak Hanya Seru dan Melatih Kardio, Manfaat Olahraga Poundfit bagi Penderita Diabetes
Ilustrasi olahraga pondfit (Poundfit.com)

ERA.id - Poundfit menjadi olahraga yang begitu populer bekangan ini, khususnya bagi perempuan. Olahraga ini merupakan bagian dari senam yang menggabungkan gerakan tari dengan pukulan drumstick ke lantai.

Di balik keseruan olahraga poundfit, ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kebugaran. Ternyata ada manfaat lebih bagi orang yang kelebihan glukosa.

Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.G.K, mengatakan bahwa pound fit sangat cocok menjadi pilihan olahraga bagi pasien diabetes. Ini karena pound fit merupakan olahraga yang juga melatih kardio dan otot, yang sangat baik bagi penderita diabetes.

“Pound fit bisa dilakukan karena melatih otot jantung dan pembuluh darah, serta melatih otot paha berkat gerakan lunges dan squat yang ada. Ini membantu mengurangi resistensi insulin yang terjadi pada diabetes, karena otot kan memakan banyak gula. Semakin banyak orang latihan otot, maka gula darah semakin terkendali,” kata Dokter Diana saat ditemui di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Meski demikian, pilihan olahraga untuk pasien diabetes tidak hanya pound fit. Menurut Dokter Diana, olahraga apa pun bisa dilakukan. Hal terpenting adalah berolahraga dengan konsisten dan tidak merasa terbebani dalam melakukannya.

“Kalau nggak pound fit, olahraga apa pun bisa. Yang penting jadikan olahraga sebagai keseharian dan kebiasaan, bukan hukuman karena habis makan banyak misalnya,” tuturnya.

Tak hanya itu, Dokter Diana juga menjelaskan bahwa diabetes bisa menyerang siapa saja, termasuk anak muda. Untuk itu, pola hidup sehat dengan olahraga harus sudah diterapkan sejak usia muda agar terhindar dari penyakit tersebut.

“Penyakit ini tidak memandang usia, karena penderita diabetes melitus tipe 2 justru didominasi oleh kelompok usia produktif, dibandingkan usia lanjut. Faktanya sekitar 90% kasus DM tipe-2 bisa dicegah dengan pola hidup sehat. Jadi, kebiasaan baik ini juga penting dilakukan oleh mereka yang ingin terhindar dari risiko penyakit diabetes,” pungkas Dokter Diana.

Rekomendasi