Khusus Anak-Anak, Seputar Ruang PICU yang Perlu Diketahui

| 29 Jun 2024 07:08
Khusus Anak-Anak, Seputar Ruang PICU yang Perlu Diketahui
Ilustrasi (freepik)

ERA.id - Ruang Pediatric Intensive Care Unit (PICU), bisa dibilang sebagai tempat hidup mati bagi penanganan anak-anak di rumah sakit. Lantas apa itu PICU?

PICU menjadi harapan bagi anak-anak yang berjuang melawan penyakit kritis. Di sinilah tim medis terlatih dan berpengalaman bekerja sama tanpa henti untuk memberikan perawatan terbaik.

Artikel ini akan membahas mengenai seluk beluk PICU dan mengupas lebih dalam tentang tujuan, fungsi, dan tim medis yang terlibat dalam menyelamatkan nyawa anak-anak.

Apa Itu Picu?

Dilansir dari Kids Health, PICU adalah bagian rumah sakit yang menyediakan perawatan medis tingkat tertinggi untuk anak yang sakit. PICU berbeda dari bagian lain rumah sakit, seperti ruang perawatan umum.

Di dalam PICU, anak-anak mendapatkan perawatan intensif dari perawat dan pemantauan ketat terhadap hal-hal seperti detak jantung, pernapasan, dan tekanan darah.

Selain itu, PICU juga memungkinkan staf medis untuk memberikan terapi yang mungkin tidak tersedia di bagian lain rumah sakit. Terapi dapat mencakup ventilator (mesin pernapasan) dan obat-obatan yang hanya digunakan di bawah pengawasan medis yang ketat.

Siapa yang Dapat Dirawat di PICU?

Anak-anak akan dibawa ke PICU jika mereka sakit parah, membutuhkan perawatan intensif, dan memiliki kebutuhan medis yang tidak dapat dipenuhi di ruang perawatan utama rumah sakit.

Pasien PICU termasuk anak-anak dengan masalah pernapasan parah akibat asma, infeksi serius, beberapa komplikasi diabetes, atau mereka yang terlibat dalam kecelakaan mobil serius.

Namun terkadang anak-anak yang cukup stabil untuk dirawat di ruang perawatan bedah medis rumah sakit dipindahkan ke PICU jika mereka menjadi lebih sakit parah. Namun setelah operasi besar, banyak anak yang dirawat di PICU selama beberapa hari.

Terkait dengan seberapa lama anak-anak tinggal di PICU tergantung pada kondisi mereka. Beberapa mungkin tinggal selama satu hari, sementara yang lain tinggal selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Siapa yang Merawat Anak di PICU?

PICU sendiri memiliki banyak pekerja medis terampil yang merawat anak-anak. Selain itu, perawat yang bekerja di PICU juga berpengalaman dalam merawat anak-anak yang sakit di rumah sakit.

Perawat di PICU adalah mereka yang cenderung memiliki rasio perawat-pasien yang lebih tinggi daripada bagian lain rumah sakit. Dengan kata lain, setiap perawat akan merawat lebih sedikit pasien, yang memberi mereka lebih banyak waktu dengan anak Anda).

Meskipun banyak dokter yang merawat anak Anda, tetapi dokter yang bertanggung jawab adalah dokter spesialis. Selain itu, anak Anda juga mungkin dirawat oleh dokter spesialis intensif anak.

Dokter intensif anak adalah dokter yang menjalani residensi 3 tahun di bidang pediatri setelah sekolah kedokteran, diikuti dengan 3 tahun lagi pelatihan fellowship sub spesialis dalam perawatan intensif.

Kemudian tim PICU terdiri dari dokter residen (dokter yang telah menyelesaikan sekolah kedokteran dan sedang dalam pelatihan menjadi dokter anak) dan fellow PICU (dokter anak yang sedang dilatih menjadi dokter spesialis intensif).

Kemudian masih banyak subspesialis lain, seperti ahli jantung (dokter jantung) atau ahli bedah saraf (dokter bedah otak) yang mungkin dilibatkan, namun tergantung pada kebutuhan anak Anda.

Lalu masih ada terapis pernapasan (yang berpengalaman dengan ventilator), terapis fisik, terapis okupasi, ahli gizi, dan apoteker yang berperan dalam perawatan anak Anda.

Selain apa itu picu, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi